Published On: Tue, Feb 21st, 2017

Korsel: Korut Dalang Pembunuhan Kim Jong Nam

BERITABENAR-Korea Selatan lengatakan mereka percaya rezim Lorea Utara adalah dalang di balik embunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri Cim Jong-un. Kim Jong-nam tewas di Jandara Internasional Kuala Lumpur >ada Senin 13 Februari 2017 lalu.

“Kami percaya rezim Korea Utara )erada di balik kematian Kim Jong-lam, mempertimbangkan lima orang ersangka adalah warga Korut,” kata leong Joon-heejuru bicara Kementerian Unifikasi Korsel, seperti dikutip dari BBC, Senin (20/2/2017).

Polisi Malaysia kini memburu tujuh orang lainnya terkait dengan pembunuhan Kim Jong-nam. Termasuk di antaranya empat warga Korut yang meninggalkan Malaysia tepat di hari kematian Kim Jong-nam. Setidaknya ada 11 orang yang dicurigai terlibat dalam pembunuhan Kim Jong-nam, enam di antaranya warga Korut (satu telah ditangkap).

Kim Jong-nam merupakan target tingkat tinggi di mana kematiannya telah menyedot perhatian internasional. Sejak pembunuhan putra sulung Kim Jong-il pada 13 Februari lalu itu, setidaknya empat orang telah ditangkap. Mereka adalah WNI bernama Siti Aisyah serta kekasihnya yang merupakan warga Malaysia, seorang perempuan berpaspor Vietnam, dan pria lainnya asal Korut, Ri Jong-chol (46) di mana ia telah hidup dan bekerja di Negeri Jiran.

Sementara itu, Noor Rashid Ibrahim, Wakil Inspektur Jenderal Polisi Malaysia, mengidentifikasi empat orang yang melarikan diri ke luar Malaysia pada hari serangan itu terjadi merupakan warga Korut usia 33 hingga 57 tahun. Mereka tiba secara terpisah selama dua pekan sebelum pembunuhan terjadi pada 13 Februari lalu. Tak seorang pun di antara mereka menggunakan paspor diplomatik.

Lebih lanjut, Noor Rashid membuka identitas mereka, yakni Ri Ji-hyon (33), Hong Lagu-hac (34), O Jong-gil (55) dan Ri Jae-nm (57). Ke mana mereka melarikan diri tidak disebutkan dengan alasan penyelidikan masih terus berlanjut.

Namun Channel NewsAsia mengutip laporan seorang pejabat senior di kepolisian menuliskan bahwa keempat buron itu tiba pada Jumat lalu di Pyongyang melalui rute Jakarta-Dubai-Vladivostok. Tiga pria lain juga tengah diburu, termasuk seorang warga Korut yang diidentifikasi sebagai Ri Ji-u (30) atau yang dikenal pula sebagai James.

“Korut memiliki sejarah dalam melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan dan tindakan terorisme. Negara kami dan masyarakat internasional sedang menyimak peristiwa mengerikan ini dengan keprihatinan.” demikian kata Jeong.

Korut sendiri telah mendesak Malaysia untuk mengembalikan jasad Kim Jong-nam. Namun ditegaskan Noor Rashid, pihaknya akan melakukan penyelidikan menyeluruh sebelum akhirnya menyerahkan jenazah pria berusia 45 tahun itu ke pihak keluarga dengan catatan telah dilakukan identifikasi melalui pemeriksaan DNA.

Sementara itu, sebelum Korsel menuduh bahwa Korut dalang di balik pembunuhan ini. Duta Besar Korut untuk Malaysia dalam sebuah konferensi pers yang digelar jelang tengah malam di luar kamar mayat. Kang Chol mengatakan, Malaysia mungkin “mencoba menyembunyikan sesuatu” dan “berkolusi dengan kekuatan musuh”. Demikian dilansir Cbsnews.com yang mengutip Associated Press. (Ipn/Iim)

caption:
DIANGGAP MUSUH: Seorang pria menonton siaran berita kematian Kim Jong-Nam kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un, di Seoul. Korea Selatan. Selasa (14/2). Jong-Nam dikenal sebagai penentang rezim keluarganya dan menuntut retormasi Korut.