Published On: Fri, Feb 19th, 2016

Kredit Pemilikan Apartemen Semakin Melambat

Yohanes Chandra Ekajaya

Menurut data yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, di kuartal IV tahun 2015 ini kredit Kepemilikan Apartemen (KPA) di Indonesia sangat melambat. Dalam data tersebut terungkap jika keterpurukan terjadi di KPA segmen apartemen yang memiliki luas diatas 70 meter persegi.

Kontraksi atau kemerosotan kali ini cukup parah dibanding kuartal sebelumnya yang menyentuh diangka 4,27 persen. Saat ini kontraksi apartemen segmen tersebut di angka 5,35 persen. Seperti yang dilansir Berita Benar dari laman Kompas (19/2/2016).

Selain segmen apartemen tipe 70 meter persegi, KPA untuk apartemen tipe kecil seluas 21 meter persegi juga mengalami kontraksi yang sama. Namun nilainya tidak terlalu signifikan yakni dari 1,89 persen ke 1,46 persen. Sementara itu, untuk apartemen tipe menengah dengan luas 22 sampai dengan 70 meter persegi menunjukkan angka perlambatan hingga menyentuh 1,92 persen.

Menurut hasil analisa Bank Indonesia, perlambatan yang dialami oleh Kredit Pemilikan Apartemen ini disebabkan tinginya suku bunga kredit. Di triwulan IV tahun 2015 ini, suku bunga kredit konsumsi dan juga suku bunga KPA cendrung naik dari sebelumnya. Untuk apartemen tipe kecil, suku bunga KPA naik sebesar 11, 17 persen. Sedangkan untuk menengah naik hingga 11,39 persen.