Published On: Tue, Mar 29th, 2016

La Nyalla Buron, KPK Minta Bantuan Interpol!

0000246578

Terlibat kasus korupsi hibah Kadin Jawa Timur, La Nyalla Mattalitti justru melarikan diri dan resmi menjadi buronan pihak Kepolisian. Untuk mencari dan menangkap la Nyalla, pihak Komisi Pemberantasan Korupsi bahkan meminta bantuan Polisi Internasional (Interpol).

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Romy Arizyanto selaku Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. La Nyalla diresmikan buron karena tidak memenuhi panggilan ketiga dari Kejaksaan yang hatuh pada hari Senin (28/3/2016) kemarin. Hingga saat ini, pihak petugas kejaksaan masih belum mengetahui keberadaan tersangka kasus korupsi tersebut.

Kejati Jatim sudah mengirim surat DPO ke Kejaksaan Agung, ke Kepolisian, dalam hal ini Polda Jatim, KPK, dan Interpol untuk diminta bantuan mencari keberadaan tersangka,” ungkap Romy Arizyanto Seperti yang dikutip Berita Benar dari laman Vivanews (29/3/2016).

Indikasi La Nyalla kabur keluar negeri sudah cukup kuat. Bahkan informasi sementara menyebutkan jika La Nyalla sudah terbang dari Soekarno Hatta ke Malaysia pada hari Kamis sore (17/3/2016). Menurut Romy, sang tersangka bisa lolos dari pemeriksaan bandara karena surat pencekalannya masih belum dirilis dari Kantor imigrasi.

“Tapi kami baru terima surat cekal tersangka LMN dari pihak Imigrasi pada 18 Maret 2016. Sementara tersangka ke Malaysia, dari informasi yang kita terima, sehari sebelum itu,” ungkap Romy.

Ahmad riyadh UB selaku pengacara dari La Nyalla mengatakan jika pihaknya hingga saat ini masih belum menerima surat dari Kejaksaan mengenai penetapan DPO (Daftar Pencarian Orang) kliennya. (fjr)