Published On: Mon, Mar 7th, 2016

Labora Sitorus Menyerahkan Diri ke Polisi!

Yohanes Chandra Ekajaya

Setelah berhasil kabur dari kediamannya saat ingin dijemput oleh para petugas dari Direktorat Permasyarakatan Kementrian Hukum dan HAM, hari ini (7/3/2016) Labora Sitorus yang merupakan terpidana kasus pembalakan liar dan juga pencucian uang akhirnya menyerahkan diri ke pihak Polres Sorong Kota. Ia mengaku sudah tidak betah dengan aksi persembunyiannya dari polisi.

Brigjen Royke Lumowa selaku Kapolda papua Barat menyatakan jika saat itu Labora memang sudah mulai tertekan karena terkepung oleh polisi. Merasa tidak ada cara lain untuk bersembunyi, Labora Sitorus pun akhirnya menyerahkan diri ke Polisi. Labora Sitorus mengaku jika ia bersembunyi di dua tempat demi menghindari penangkapan petugas. Salah satu tempat persembunyiannya terletak di Kampung Boweser, Sorong, Papua Barat.

Siang hari ini, rencananya Labora Sitorus akan diterbangkan ke Jakarta menggunakan pesawat NAM Air. Para anggota Brimob dari Kelapa Dua, Jakarta pun mengawal ketat sang terdakwa hingga Jakarta. Seperti yang dilansir Berita Benar dari laman Republika (7/3/2016).

Yosanna H Laoly selaku Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia mengaku curiga jika ada oknum yang bermain di kasus ini sehingga Labora Sitorus bisa kabur. Namun sayangnya, ia tidak bisa memberikan detail pasti terkait oknum-oknum yang ikut membantu pelarian Labora Sitorus.

Dengan alasan sakit, Labora Sitorus menjalankan beberapa masa tahanan di rumahnya sendiri yang terletak di Kelurahan Tampa Garam, Kota Sorong, Papua Barat. Seharusnya ketika sembuh, ia bisa kooperatif dengan kembali ke Lapas Sorong dan melanjutkan masa hukumannya.