Published On: Tue, Oct 20th, 2015

Lalai Dalam Bentrok Antar Kelompok Warga, Kapolres Aceh Singkil Diberhentikan!

Belum lama ini sebuah bentrokan antar kelompok warga terjadi di Aceh Singkil yang akhirnya menewaskan salah satu orang warga. Penyebab bentrokan ini sendiri disinyalir akibat desakan warga sekitar untuk membongkar gereja yang tidak memiliki izin.

Menurut Kapolri Jendral Badrodin Haiti, bentrokan ini juga terjadi karena adanya kelalaian dari pihak Kapolres Aceh Singkil. Dengan begitu, ia pun akhirnya mencopot AKBP Budi Samketo dari jabatannya karena kesalahan prosedur yang dilakukan.

“Waktu di awal sudah ditanyakan apa perlu back up? Dia jawab tidak. Padahal itu harus diperhitungkan dan menjadi tanggung jawab seorang pemimpin,” ungkap Badrodin Haiti seperti yang dikutip Berita Benar dari laman Antaranews (20/10/2015).

Saat ini, pihak Kepolisian telah menahan tiga pelaku terkait bentrokan dan juga perusakan tempat ibadah tersebut dengan inisial S, N dan I. Selain pelaku tersebut, polisi juga menangkap dua pelaku dibawah umur yang memiliki peran sebagai penyebar informasi yang mengandung provokatif kepada masyarakat agar terjadinya bentrokan.

Menanggapi bentrokan ini, anggota DPRK Aceh Selatan menduga jika hal ini terjadi bukan dipicu karena agama melainkan tingginya kesenjangan ekonomi yang ada di Aceh Singkil. Menurutnya, kesenjangan ekonomi ini seharusnya ditanggapi secara serius oleh pemerintah setempat agar tidak memicu konflik seperti saat ini.

<fjr>