Published On: Mon, Feb 27th, 2017

LDII Perkuat Ekonomi di Lingkungan Masjid

BERITABENAR-Untuk memperkuat ekonomi di lingkungan masjid, DPD LDII Jember mengirimkan 5 orang delegasinya untuk mengikuti acara Pelatihan Peningkatan Kinerja Pengurus Usaha Bersama (UB). UB diadakan oleh Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPW LDII) Provinsi Jawa Timur di Ponpes Wali Barokah Kediri, kemarin (25/2).

Acara yang dikemas selama 2 hari ini mendatangkan pemateri dari berbagai kalangan pengusaha sukses dan Pengurus DPP LDII. Pelatihan ini dilakukan untuk melakukan terobosan-terobosan dalam meningkatkan perekonomian di lingkungan masjid dan warga sekitar. Salah satunya LDII mendirikan Usaha Bersama (UB) di setiap Masjid binaan LDII, demikian inti sambutan dari Dewran Pembina Pokja UB DPP LDII, Ashar Budiman.
“UB lahir pada 1998 pada saat terjadi krisis moneter. Musim paceklik tersebut LDII membuat suatu gerakan gotong royong ekonomi dengan menyediakan berbagai kebutuhan sembako,” katanya. Saat ini perekonomian Indonesia sudah membaik dan persaingan semakin ketat.

Dalam menghadapi itu, Ashar menegaskan, pengurus UB ilmunya harus di-upgrade agar mampu bersaing dalam era ekonomi digital ini. Selain itu, Ashar menambahkan, sebagai pengurus UB, ia menghimbau agar menjaga kepercayaan, bekerja cerdas, dan membantu perekonomian umat. “Acara ini juga mengupas tentang kunci sukses penjualan, membuat kontrak perjanjian, rencana pemasaran (marketing plan), rencana bisnis (business plan), dan ekonomi syariah,” lanjut Ashar.

Sementara itu, Ketua Pokja UB DPP LDII Andri Krisnanto mengatakan salah satu peningkatan penjualan ialah soal branding dan packaging product. “Kripik pisang tanpa packaging dengan kripik pisang yang sudah di-packaging tentunya memiliki nilai yang berbeda,” kata Andri.
Produk dengan packaging menarik dilengkapi barcode dan tanggal kadaluarsa tentunya akan mudah diterima swalayan. “Packaging dan branding sebagai pemikat pembeli dan menyampaikan pesan produk kita ke pembeli,” imbuhnya. Andri juga mengajak para pengusaha mulai dari usa-
ha mikro hingga atas agar terdaftar di BPOM dan bersertifikasi halal MUI agar menjadi produk syariah.

Akhmad Malik Afandi, Sekretaris DPD LDII Jember menambahkan, LDII menargetkan setiap masjid yang dikelolah LDII mempunyai kelompok usaha bersama yang berbasis masjid dan mengembangkan usaha sesuai dengan karakter lokal. “Hal ini senada dengan target tri sukses pembinaan generasi muda yaitu memiliki ilmu, ber-akhlaqul karimah, dan memiliki jiwa kemandirian,” ujar Malik yang juga sebagai Wakil Ketua Koperasi Syariah Ponpes Minhajurrosyidin.