Published On: Mon, Feb 20th, 2017

Lirik Potensi Wisata Sumber Ayu

BERITABENAR.COM-DESA Paras, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo, memiliki potensi alam yang layak diperhitungkan. Bahkan, potensi ini bisa menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Probolinggo.

Potensi itu, bernama Tirta Dewi Paras Nan Ayu. Sesuai namanya, sumber mata air dilengkapi dengan bebatuan yang tersusun indah. Saling tindih membentuk lempengan batu yang seolah-oleh diukir. Namun, semuanya terbentuk secara alami. Sehingga, terlihat elok
Juru Kunci Tirta Dewi Paras Nan Ayu, Wamo, 48, mengatakan, air dari sumber ini banyak dimanfaatkan warga untuk kebutuhan sehari-hari. Baik untuk mandi, mencuci pakaian, bahkan dijadikan air minum.

Tak hanya warga desa setempat, sejak 2003 lalu, air dari sumber ini juga difaatkan warga desa tetangga. Salah satunya, dari Desa Blado Kulon. “Sumbernya ada di bawah pohon beringin besar. Air di sini merupakan sumber air yang paling banyak kandungan mineralnya.
Kami juga selalu mengecek kandunganya yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan,” ujarnya.
Menurut Wamo, sejatinya sumber mata air ini sangat berpotensi untuk dijadikan destinasi wisata baru. Sebab, selain airnya yang kaya mineral, bebatuan di sekitar sumber ini juga apik Tapi, sejauh ini kendalanya masih soal jalan desa yang kurang mendukung.

Terpisah, Kepala Desa Paras Taufik Sugiono mengatakan, sumber mata air ini memang berpotensi menjadi destinasi wisata. Tapi, jika berdiri sendiri akan sulit untuk maju. Sehingga, harus digabungkan dengan destinasi wisata lainnya. Seperti, Gunung Bromo atau tempat wisata lainnya di Kabupaten Probolinggo. “Sulitnya, mengingat lokasi yang sedikit jauh dan jalan yang masih butuh perbaikan,” ujarnya, (rpd/rud)