Published On: Thu, Feb 23rd, 2017

Makin Banyak Peminat Bursa Berjangka

BERITABENAR-Tren perdagangan komoditi berjangka terus tumbuh. Makin banyak warga Makassar yang tertarik. Namun, Vice President PT Val-bury Asia Future, Dian Tirta Saputra, menilai belum banyak yang paham cara berdagang di bursa berjangka.

“Ini bukan investasi, juga bukan jual beli saham. Tetapi merupakan layanan jasa terhadap nasabah agar bisa melakukan transaksi jual beli di bursa melalui perusahaan kami,” ucapnya, saat ditemui di kantornya, Rabu, 22 Februari.

Dia menceritakan, perusahaannya itu berada dalam pantauan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi(BAPPEBTI), badan pengawas yang mengawasi segala bentuk kegiatan bisnis ini. BAPPEBTI merupakan perpanjangan tangan dari Departemen Perdagangan.

Nasabah Valbury memilih beberapa komoditi berjangka. “Seperti minyak mentah dan emas yang sekarang jadi primadona,” sebutnya.

Transaksinya dilakukan langsung oleh nasabah, dengan memperhatikan bagaimana fluktuasi harga. Jika minyak mintah turun, berarti waktu tepat untuk membeli. Saat harga naik, itu moment tepat untuk menjual.

“Sampai sekarang, kami sudah memiliki 2.000 nasabah. Tahun ini kami target bertambah 500 nasabah,” imbuh Dian.

Secara nasional sudah ada 18 cabang Valbury di seluruh Indonesia. Tahun ini targetnya adalah Kendari. Akan berdiri satu cabang. Kendari dipilih karena potensi perdagangan di daerah tersebut cukup potensial.

Dian optimis bisnis perdagangan berjangka dan komoditas ini bisa terus tumbuh dengan melihat pertumbuhan ekonomi Sulsel yang berada di angkat 7,4 persen. Guna menggenjot tercapai target Dian mengaku juga akan rajin melakukan sosialisasi dan seminar. (mg22-mg21/sbi)