Published On: Tue, Jul 7th, 2015

Mantan Wakil Panglima GAM Bergabung ke ISIS!

Seorang mantan wakil Panglima dari Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dari wilayah Peureulak, Sagoe Kuta Awe Duek, warga Desa Kuta Binje, Kecamatan Julok, Atim, Fakhruddin Bin Kasem Alias Din Robot, menyatakan dirinya dan beberapa rekannya yang juga mantan GAM untuk bergabung ke Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Selain menyatakan dirinya siap untuk bergabung, ia juga menyatakan kalau sebentar lagi mereka akan berangkat ke Suria.

Hal ini diungkapkan oleh Fakhruddin Bin Kasem Alias Din Robot kemarin senin, sekitar pukul 16.00 WIB pada sebuah konferensi pers di salah satu tempat di Idi Rayeuk, Aceh Timur dengan didampingin oleh Ketua Tim Pengacara Muslim (TPM) Aceh.

Pada press conferense yang digelar tersebut, ia juga mengatakan meminta bantuan kepada Ketua TPM Aceh dalam keberangkatannya dan beberapa rekan ke Suria. Untuk alasannya keberangkatan ia ke Suria tersebut, ia mengatakan kalau kesatuan GAM yang pernah ia ikuti sebelumnya sudah bertindak sangat tidak adil. Ia mengungkapkan kalau yang kaya akan semakin kaya, sedangkan yang miskin akan semakin miskin. Selain itu, mereka juga sama sekali tidak mendapatkan perhatian dari Pemerintah Indonesia.

“Jadi daripada membuat keriminal dan kekacauan seperti Din Minimi, dan Syukriadi Alias Gambit lebih baik kami berangkat ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS karena di sana gaji kami dibayar sehingga kami bisa membiayai sekolah anak kami,” ujar Din Robot pada saat konferensi pers, seperti yang dikutip pada laman Tribun, (Selasa, 7 Juli 2015).

Sementara itu, Ketua TPM Aceh, Safaruddin mengatakan kepada wartawan jika memang pihaknya masih menampung aspirasi dari Din Robot tersebut terkait permintaan dari seorang mantan GAM yang ingin berangkat ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS. <bms>