Published On: Mon, Feb 20th, 2017

Masyarakat Jangan Mudah Terpancing Isu di Medsos!

BERITABENAR.COM-Keterbukaan ruang informasi publik harus menjadi sarana penyebaran informasi yang bertanggungjawab. Apalagi, setakat ini kerap bertebaran informasi yang berbau SARA maupun hoax melalui media sosial (Medsos) yang sengaja disebarluaskan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab guna memicu konflik.

Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Maryono mengharapkan, masyarakat di seantero Kalbar jangan mudah terpancing dengan beragam isu-isu yang menyesatkan yang sengaja diciptakan melalui medsos.

“Saya minta masyarakat untuk tidak mudah terpancing dengan isu-isu yang sengaja diciptakan melalui media sosial. Seperti isu suku, agama maupun lainnya. Karena bisa saja menjadi persoalan hukum,”
ingarnya.

Wakil rakyat asal Dapil Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawi dan Kabupaten Kapuas Hulu ini menegaskan, Pemerintah Provinsi Kalbar beserta Pemerintah Kabupaten/Kota berkewajiban untuk memberikan pemahaman yang benar terhadap masyarakat “Saya kira hal ini merupakan tanggung-jawab bersama termasuk pemerintah,” tegasnya.

Bahkan, iegislator PKPI ini menuturkan, tak jarang isu yang dimainkan oleh oknum yang tak bertanggungjawab melalui medsos menjadi pemicu konflik di tengah masyarakat.

Ternyata, sambung Maryono, medsos sangat berpengaruh besar untuk membentuk opini publik bagi orang-orang atau para netizen yang
memiliki perangkat smartphont maupun elektronik lainnya, sehing ga masyarakat sering terpancing dengan isu-isu di media sosial.

“Untuk itu, kita memberikar pemahaman supaya masyaraka tidak gampang terpancing dalan isu-isu agama, suku dan lain seb-againya. Karena pemberitaan-pem-beritaan di media sosial bisa saja menyesatkan kita ” ingatnya. (Za/)