Published On: Mon, Dec 7th, 2015

Mau Perpanjang SIM Via Online? Baca Ini Dulu!

Untuk memudahkan masyarakat dalam memperpanjang masa Surat Izin Mengemudi (SIM), Polri menghadirkan sebuah layanan baru perpanjangan SIM yakni dengan cara Online. Untuk mendapatkan pelayanan ini tentunya diharuskan untuk memenuhi beberapa syarat yang sudah di tentukan antara lainBarn och Ungdom Canada Goose membawa SIM dan juga KTP asli yang masih bisa digunakan.

Karena masih ada prosedur penting lainnya, walaupun online masyarakat masih diharuskan untuk datang ke 45 Satuan Pelaksanaan Administarasi yang saat ini sudah tersebar di 38 Polisi Daerah Indobesia. Sesampainya di tempat tersebut, nantinya setiap masyarakat diharuskan memeriksa kesehatan yang meliputi mata, tekanan darah, fisik, dan lain-lain.

Untuk biayanya sendiri, Aiptu Arwin Nasution selaku Petugas Pemandu Pelayanan SIM Keliling Mabes Polri menyatakan jika biaya perpanjangan SIM A akan dikenakan biaya sebesar Rp. 80 ribu, sedangkan untuk SIM C akan dikenakan biaya yang lebih murah yakni Rp. 75 ribu. Namun biaya tersebut tidak termasuk dengan biaya tes kesehatan dan juga asuransi kesehatan.

Setelah melewati prosaedur-prosedur tersebut, nantinya masyarakat akan melalui proses pengisian formulir yang meliputi data pribadi, foto dan juga sidik jari. Proses tersebut akan dilakukan secara online sehingga akan lebih cepat.

“Setelah input data melalui online, baru identifikasi sidik jari dan foto, kemudian SIM dicetak. Ini hanya canada goose Borden Bomber memakan waktu 3 sampai 5 menit, bergantung jaringan,” Ungkap Arwin Seperti yang dilansir Berita Benar dari laman Liputan 6 (7/12/2015).

<fjr>