Published On: Tue, Feb 21st, 2017

Media Penentu Keberhasilan Pelayanan Kesehatan

BERITABENAR-Pelayanan kesehatan ternyata tidak hanya ditentukan oleh teknologi yang canggih. Peran media di era informasi serba cepat juga menentukan keberhasilan pelayanan kesehatan saat ini.

Hal ini disampaikan Ketua Brain Spine Community, Dr Lilih Dwi Prijanto, MMT dalam gathering media bersama komunitas Brain and Spine Community bersama Rumah Sakit Persada Malang, Sabtu (18/2) lalu.

“Saat ini peran media sangat penting bagi dokter-dokter untuk menunjukkan bahwa mereka memilki fasilitas yang maju dan bisa diandalkan masyarakat,” ungkap Lilih.

Ia menceritakan, media sebagai jembatan informasi pihak rumah sakit ataupun dokter untuk meneruskan informasi terkini soal pelayanan kesehatan yang dapat diberikan. Pelayanan terbaru sampai peralatan terbaru dapat terinformasikan secara baik oleh media.

Pasalnya, media merupakan salah satu unsur masyarakat yang dapat masuk ke seluruh elemen masyarakat “Terkadang kami ini memiliki teknologi canggih yang dapat diandalkan tetapi tidak tahu cara menyampaikannya. Sebab masyarakat pasti akan mengira itu mahal dan ribet atau sebagainya”terang Lilih.

Sementara itu, bagi media pun dengan infonnasi yang didapatkan dari pihak yang membidangi kesehatan akan berbuah berita yang informatif bagi masyarakat, la mengatakan, media memiliki tanggung jawab mengedukasi warga.

Maka dari itu, bagi pihaknya, jika tim dokter atau rumah sakit dapat bekerjasama dengan baik maka keduanya akan menjadi super team bagi peningkatan kesejahteraan warga masyarakat.

Hal ini pun diamini oleh Direktur Persada, Kus Handayani. Ia menerangkan, RS Persada sendiri pun sudah memiliki teknologi mutkakhir seperti Micro Surgery yang nyatanya dapat diandalkan untuk mengatasai permasalahan penyakit saraf.

“Selama ini kan orang jika kena penyakit ini larinya ke luar negeri. Kita memiliki apa yang di luar negeri ada. Kebanyakan warga masih belum tahu,” ungkapnya.

Disinilah. ia menyepakati bahwa media dan nunah sakit harus melakukan sinergi yang baik dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, (ica/van)