Published On: Fri, Feb 24th, 2017

Meksiko Catatkan Pertumbuhan Ekonomi pada 2016

BERITABENAR-Sebelum ketidakpastian kebijakan perdagangan Presiden AS Donald Trump merebak, Meksiko mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang solid pada 2016, sebuah data resmi menunjukkan Rabu (22/2).

Institut Statistik Nasional mengatakan angka pertumbuhan ekonomi Meksiko yang mencapai 2,3 persen pada tahun lalu itu sejalan dengan perkiraan, namun sedikit menurun dari angka pertumbuhan sebesar 2,5 persen pada 2015.

Data dari institut tersebut menunjukkan kalau pertumbuhan ekonomi kedua terbesar di Amerika Latin sempat melemah menjadi 0,7 persen pada kuartal IV 2016 dibandingkan dengan angka pertumbuhan 1,0 persen pada kuartal III. Pelemahan itu dipicu oleh kemenangan Trump pada pemilu AS November 2016.

Sejak kemenangannya, Trump berjanji akan menindak tegas perusahaan-perusa-haan AS yang beroperasi di Meksiko. Hal itu dilakukan Trump untuk mengalihkan lapangan kerja kembali ke AS. Dia juga meminta perundingan kembali Persetujuan Perdagangn Bebas Amerika Utara (NAFTA) dengan Meksiko dan Kanada.

Meningkatnya pembatasan perdagangan AS dengan Meksiko bisa menjadi hantaman keras bagi negara Amerika Latin karena 80 persen ekspornya ditujukan ke AS. Ekonom Meksiko Jonathan Heath mengemukakan kalau tingkat kepercayaan konsumen dan bisnis Meksiko merosot ke level rendah.
“Data-data yang ada menunjukkan kemungkinan besar ekonomi Meksiko masih dilanda resesi pada semester pertama tahun ini. Kemudian,ekonomi mungkin akan membaik pada semester kedua, lapi tetap tergantung pada bagaimana hasil perundingan nanti,” kata Heath.

Sejak Trump memenangkan pemilu AS pada November 2016, Bank Sentral Meksiko merevisi turun estimasi pertumbuhan ekonomi Meksiko untuk 2017, dari sebelumnya antara 2,0 dan 3,0 persen menjadi antara 1,5 dan 2,5 persen.

(AFP/asri)