Published On: Wed, Aug 31st, 2016

Memperbaiki Motor Pasca Banjir Ternyata Tak Begitu Sulit

Johanes Chandra Ekajaya

Intensitas hujan di Jakarta dan beberapa daerah lainnya terbilang cukup tinggi. Alhasil, beberapa kawasan yang memang langganan banjir pun terendam. Banjir tentunya cukup merugikan banyak orang terutama para pemilik sepeda motor. Dibeberapa stasiun televisi kita sering melihat banyak sepeda motor yang terendam bahkan sampai menyentuh jok motor. Nah, untuk memperbaiki kerusakan sepeda motor pasca banjir ternyata tak begitu sulit loh!

Supardiono, Kepala Bengkel AHASS 0001 Astra Motor Jakarta menyatakan jika hal yang paling penting untuk diperiksa pertama kali adalah bak oli, tangki bensin, dan juga ruang bakar. Jika motor terendam hingga setinggi jok dan dalam waktu yang cukup lama, hal yang paling utama diperiksa adalah oli. Oli sebaiknya diganti selama 4 sampai dengan 5 kali sambil mesin di hidupkan. Jika oli masih berwarna putih susu, terus kuras hingga warna oli kembali normal.

Setelah melakukan pengecekan oli, maka langkah selanjutnya adalah membuang air yang terdapat di ruang bakar. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu membuka lubang busi kemudian nyalakan motor dengan menggunakan kick stater. Pastikan air tak keluar sama sekali dari lubang busi tersebut. Selain itu, bersihkan juga ujung elektroda pada busi hingga tak ada air.

“Air masuk dari knalpot lewat klep. Buka busi, lalu di selah-selah buat buang air. Pernah motor saya terendam, bensin dikuras, oli dikuras, terus hidup lagi motornya,” ungkap Supardiono seperti yang dikutip Berita Benar dari laman Liputan 6 (31/8/2016).

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Semoga informasi kali ini dapat membantu kalian.