Published On: Tue, Mar 8th, 2016

Mendekati Gerhana Matahari Total, Planetarium TIM Ramai Pengunjung

Yohanes Chandra Ekajaya

Meskipun tidak dilintasi oleh gerhana matahari total, warga DKI Jakarta tetap antusias untuk menikmati fenomena alam yang jarang terjadi tersebut. Hal ini terlihat dari ramainya kunjungan warga Jakarta ke Planetarium Taman Ismail Marzuki.

Absi yang merupakan salah satu warga asal Bekasi mengatakan jika ia bersama istri dan kedua anaknya sengaja datang jauh-jauh demi mengetahui informasi lebih lanjut mengenai gerhana matahari total. Selain itu, ia juga ingin mendapatkan kacamata gerhana gratis yang nantinya akan dibagikan oleh pihak Planetarium.

Hal serupa diungkapkan oleh Slamet. Warga Cempaka Putih tersebut datang bersama istri dan juga anaknya meskipun gerhana matahari total berlangsung esok hari. Slamet mengaku datang ke Planetarium karena bujukan dari sang anak yang ingin mengetahui informasi detil mengenai fenomena gerhana bulan.

“Saya baru pulang antar barang, anak saya ngajak ke tempat buat liat gerhana. Saya tahunya di Planetarium jadi saya bawa ke sini,” ungkap Slamet seperti yang dikutip Berita Benar dari laman Merdeka (8/3/2016).

Pihak Planetarium sendiri mengaku jika kacamata gerhana tidak akan dibagikan hari ini. Mereka akan mulai membagikannya esok hari jam 04.30 WIB.

Gerhana Matahari Total diperkirakan akan melintas dibeberapa wilayah di Indonesia seperti Palembang, Bangka Belitung, Palangkaraya, Sampit, Luwuk, Tenate, Tidore, Palu, Poso dan Halmahera. Sedangkan untuk daerah lain seperti Jakarta, Bandung, Padang, Denpasar, dan juga Ambon hanya bisa menikmati gerhana matahari ini sebagian saja.