Published On: Wed, Oct 28th, 2015

Menipu Perusahaan Furniture, 4 Jurnalis Gadungan Ditangkap Polisi

Entah apa maksud komplotan penipu yang satu ini. Mengaku sebagai jurnalis yang berasal dari surat kabar mingguan, empat orang yang berinisial S, TB, Aj, dan YZ ini justru melakukan tindak pidana penipuan terhadap salah satu perusahaan furnite di Jakarta. Berkat tindakan yang dilakukan oleh ke empat jurnalis gadungan ini, pihak perusahaan pun mengalami kerugian yang sangat besar mencapai Rp. 1,9 Miliar.

Saat ini, pihak kepolisian pun berhasil membekuk komplotan penipu tersebut di Kampung Sukapura, Cilincing, jakarta Utara. Menurut Kombes Pol Susetio Cahyadi yang merupakan Kapolres Metro Jakarta Utara, kawanan penipu tersebut melakukan penipuan dengan menjadi calo untuk melancarkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang diminta oleh perusahaan penjualan interior dan glamour PT. Prasindo Jaya Makmur.

Seperti yang dilansir Berita Benar dari laman Tribunnews (28/10/2015), awalnya perusahaan tersebut ingin mendirikan sebuah toko di Jalan Tipar Cakung, Cilincing, Jakarta Utara. Untuk melancarkan dan juga menjaga keamanan pembangunan tersebut, para wartawan gadungan itupun meminta uang dengan jumlah Rp. 115 juta.

Walaupun telah menghabiskan uang ratusan juta, pada akhirnya bangunan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut pun dibongkar oleh dinas terkait karena telah melanggar peraturan. Menurut Suku Dinas Penataan Kota Jakarta Utara, bangunan yang didirikan terebut tidak sesuai dengan IMB dan telah melanggar batas jalur hijau.

Berkat aksi yang dilakukan oleh para jurnalis gadungan ini, mereka pun terjerat pasal 378 KUHP dan Pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama 5 tahun lebih.

<fjr>