Published On: Mon, Feb 27th, 2017

Militer Suriah Kuasai Wilayah Timur Aleppo

BERITABENAR-Militer Suriah telah menguasai wilayah seluas GOO kilometer persegi setelah pertempuran selama sepekan dengan kelompok Negara Islam (NI) di pinggiran timur Provinsi Aleppo di Suriah Utara, demikian dilaporkan kantor berita resmi, SANA, Minggu (26/2).

Kemajuan pasukan militer tersebut dicapai sebagai bagian dari serangan luas yang dilancarkan baru-baru ini untuk mengusir petempur NI dari pinggiran timur Aleppo, dengan tujuan mengamankan pinggir timur Aleppo dari ancaman NI.

Pekan lalu, militer Suriah menyeru rakyat agar pulang ke rumah mereka di berbagai desa dan kota kecil yang direbut dari NI di pinggir timur Aleppo, lapor SANA.

Dalam pernyataannya, komando umum militer Suriah, sebagaimana dilaporkan kantor berita Tiongkok, Xinhua, Minggu malam, mendesak warga sipil agar pulang ke rumah mereka, dan berjanji akan bekerjasama serta menawarkan semua layanan serta fasilitas yang mungkin buat orang yang pulang ke rumah dan desa mereka.

Militer Suriah sepenuhnya menguasai seluruh Kota Aleppo pada Desember tahun lalu, dan siap melancarkan operasi militer lebih lanjut di pinggiran provinsi penting itu, dengan bantuan Angkatan Udara Rusia dan petempur darat faksi Syiah Libanon, Hisbullah, serta kelompok Syiah lain.

(Ant/Xinhua-OANA)