Published On: Wed, Sep 14th, 2016

Mirip Dengan Bendera Negara Isle of Man, Logo Cap Kaki Tiga Tak Boleh Dipakai

Johanes Chandra Ekajaya

Siapa yang menyangka jika logo legendaris Cap Kaki Tiga memiliki kemiripan dengan salah satu negara yang terdapat di wilayah Inggris Raya yakni Isle of Man. Alhasil, logo Cap Kaki Tiga tersebut digugat oleh seorang Warga Negara Inggris bernama Rusel Vince.

Gugatan Rusel Vince atas logo tersebut akhirnya dikabulkan oleh Mahkamah Agung. Dengan begitu, logo merek dagang Cap Kaki Tiga resmi tidak boleh digunakan lagi. Mau tidak mau, Cap Kaki Tiga harus merombak dan membuat ulang logo miliknya tersebut. Seperti yang dilansir berita Benar dari laman Merdeka (14/9/2016).

Negara Isle of Man sendiri merupakan negara kecil yang terletak di kawasan laut Irlandia. Negara ini hanya memiliki luas sebesar 572 KM persegi saja. Di tahun 700 sampai dengan 900, negara yang berupa pulau kecil ini dimanfaatkan oleh bangsa Viking sebagai pos terluar dari kerajaan.

Isle of Man memiliki pemandangan yang sangat indah. Karena dekat dan mudah dijangkau dari Inggris, maka tempat negara tersebut jadi tempat wisata yang cukup diminati oleh para turis. Berbagai kegiatan wisata dapat dilakukan disini mulai dari olahraga bahkan hingga sejarah.

Sejak awal bulan September ini, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM resmi melarang merek dagang Cap Kaki Tiga tak boleh beredar. Keputusan yang diambil kali ini demi mamtuhi perintah dari pengadilan ataupun Mahkamah Agung.