Published On: Tue, Feb 28th, 2017

Mobil Premium Punya Pembeli Tetap

BERITABENAR-Penjualan mobil kelas premium di Lampung selama tahun 2016 masih dikatakan cukup baik. Meski ekonomi cenderung agak lesu, namun hal tersebut tidak banyak berpengaruh pada pen jualan kendaraan jenis ini. Beberapa diler justru mencatat penjualan yang stabil, bahkan meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Pengamat ekonomi Lampung Asrian Hendicaya mengungkapkan, kondisi ini tidak terlepas bahwa mobil kelas premium memang sudah memiliki konsumen tetap, yang posisinya tergolong stabil dan mapan, meski tahun lalu kondisi ekonomi melambat. Sehingga, hal tersebut tidak memengaruhi daya beli atas mobil premium.

“Kalau kita lihat memang untuk kelompok menengah ke atas tidak terlalu terganggu, sehingga demand untuk kendaraan kelas premium tersebut tetap ada,” jelas Asrian kepada Tribun, Senin (27/2).

“Kemudian, kita juga melihat tidak jarang ada orang yang punya mobil kelas premium lebih dari satu, bisa 2,3 atau lebih. Ini tentu wajar bagi mereka, karena untuk membeli mobil tersebut bukanlah suatu beban dan hal >ang iK-rlebihan bagi
ISipUtah keuangan mereka,” !#! imbuh Asrian.

Selanjutnya, kebutuhan mobilitas yang tinggi juga bisa menjadi salah satu faktor banyaknya kendaraan yang dimiliki oleh kalangan tersebut. Sehingga, kendaraan yang ada bisa memadai untuk kebutuhan mobilitas ini.

Di tahun 2017, pasar mobil kelas premium diperkirakan masih akan berada di posisi yang sama. Sebab, struktur ekonominya panjang dan kelompok menengah ke atas ini merupakan sesuatu yang hampir tidak guncang alias sudah stabil dan mapan.

“Karena mereka punya kapitalisasi yang besar, ekspansi usahanya juga diperluas dan bisa semakin banyak unit usahanya. Kemudian, peluang baru untuk pendapatan juga semakin banyak. Di tahun 2017 ini, mobil kelas premium akan tetap ada. bahkan hadirnya model dan varian baru pun sangat mungkin. Pendekatannya bukan lagi soal harga, tetapi prestige (gensi), dan sebagai pendukung gaya hidup,” papar Asrian.

Diketahui sejumlah diler yang mengklaim mengalami kenaikan penjualan mobil premium di antaranya Honda, Toyota, dan Mitsubishi.

Diler Honda Arista Raja-basa misalnya menyebut ada kenaikan penjualan sebesar 15 persen pada tahun lalu. Sales Supervisor Muhammad Haikal membenarkan bahwa memang ada kenaikan penjualan mobil kelas premium dibanding 2015. llaikal mencontohkan pada penjualan mobil Honda CR-V yang rata-rata terjual dua sampai tiga unit setiap bulannya pada tahun 2016.

Di tempat lain, SalesConsul-tant PT Lautan Berlian Utama Motors Eko Ari Ku m i awan mengatakan,penjualan mobil kelas premium Mitsubishi selama 2015 dan 2016 berada dalam kondisi stabil. Ari mengatakan, Mitsubishi Pajero rata-rata terjual 10 unit per bulan. Hal tersebut menunjukkan bahwa mobil ini memang banyak diminati konsumen.

Lalu bagaimana dengan Toyota? Sales Supervisor Auto 2000 Rajabasa Dwi Sutanto mengatakan, penjualan mobil premium milik Toyota juga mengalami kenaikan 25 persen dibanding tahun 2015.

Dwi merinci penjualan mobil kelas premium di Auto 2000 Rajabasa, Toyota Alphard selama 2015 terjual 9 unit, sementara di tahun 2016 naik menjadi 14 unit.

Selanjutnya Toyota Land Cruiser terjual 2 unit di tahun 2015 dan teijual 4 unit di tahun 2016. Sementara Toyota Fortuner rata-rata terjual 18 sampai 20 unit per bulan di tahun 2015, dan 20 unit per bulan di tahun 201 b lalu.(ana)