Published On: Fri, Sep 30th, 2016

Nara Masista Rakhmatia, Diplomat Cantik yang Kini Viral di Internet!

Johanes Chandra Ekajaya

Belum lama ini, Netizen Indonesia sangat terkesima dengan Nara Masista Rakhmatia saat beraksi di sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dalam acara yang diselenggarakan di New York tersebut, diplomat muda, cantik, dan cerdas ini berhasil melayangkan argumentasi hebat ketika delegasi 6 negara di asia pasifik menyinggung masalah pelanggaran HAM yang terjadi di Papua Barat.

Dalam sidang tersebut, mewakili Indonesia Nara Masista Rakhmatia mengatakan jika keenam negara tersebut telah melakukan pelanggaran piagam PBB dimana mereka mengintervensi kedaulatan negara lain dan melakukan pelanggaran dari sisi integritas teritorial. Di sidang tersebut, Nara Masista Rakhmatia juga menyatakan jika sebenarnya keenam negara tersebut memiliki agenda tersendiri. Bahkan, mereka berani menggunakan forum Majelis Umum PBB demi mengalihkan perhatian atas permasalahan politik yang terjadi di negaranya.

Agenda sidang yang diikuti Nara Masista Rakhmatia kali ini sebenarnya membahas menganai impelementasi Sustainable Deleopment Goals. Namun sayangnya, negara-negara pasifik seperti Tonga, Marshall, Tuvalu, Solomon, dan Vanautu jelas-jelas mengintervensi dan membelokan pembahasan di forum tersebut dengan menyindir tentang pelanggaran HAM di Papua Barat. Seperti yang dilansir Berita Benar dari laman Detik (30/9/2016).

Di tahun 2002, Nara Masista Rakhmatia sendiri tercatat lulus dari pendidikannya di FISIP UI. Pendidikannya pun terus berlanjut bahkan ia pernah belajar di beberapa universitas mancanegara seperti St, Andrews dan juga George Towns University.