Published On: Mon, Mar 7th, 2016

Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Menguat ke Angka Rp. 13.084!

Yohanes Chandra Ekajaya

Meskipun sempat terpuruk, di awal bulan Maret ini nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat justru semakin menguat. Data saat ini menunjukan jika Rupiah menguat sebesar 47 poin atau 0,36 persen dari yang sebelumnya Rp. 13.131 menjadi Rp. 13.084 per Dolar Amerika Serikat.

Rulyy Arya Wnubriti selaku Analis Pasar Uang Bank Mandiri menuturkan jika faktor utama penguatan nilai rupiah ini sejalan dengan meningkatnya tingkat kepercayaan para investor dengan prospek ekonomi di Indonesia. Dengan begitu, arus modal asing pun semakin mengalir deras.

Berdasarkan data yang ia miliki, dari awal tahun 2016 hingga bulan ini modal asing yang masuk ke Indonesia baik pasar saham maupun obligasi mencapai Rp. 35 triliun. Selain dari meningkatnya kepercayaan investor, penguatan nilai tukar rupiah ini juga imbas dari munculnya kemungkinan ditundanya fed fund rate bank sentral Amerika Serikat. Seperti yang dilansir Berita Benar dari laman Antaranews (7/3/2016).

Penguatan mata uang Rupiah terhadap Dolar kali ini terbilang sangat cepat dan singkat. Dengan begitu kondisi ini dapat berpengaruh terhadap daya saing ekspor tanah air. Namun ia tetap berharap nilai tukar rupiah akan stabil dikisaran Rp. 13.000 sampai dengan Rp. 13.300 per dolar Amerika Serikat.

Penguatan nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS hari ini pastinya membawa dampak positif bagi beberapa sektor khususnya industri makanan olahan Indonesia. Sebab mereka dapat menekan harga bahan baku impor dan juga ongkos produksi sehingga daya saing produk merekapun akan meningkat.