Published On: Thu, Oct 22nd, 2015

Obama Tawarkan Jet Tempur Hanya Untuk Indonesia, Jokowi Terbang Ke Amerika!

Pekan depan, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau yang sering dikenal dengan sebutan Jokowi itu dikabarakan akan melakukan kunjungan ke Amerika Serikat. Jadwal Kunjungan itu disinyalir untuk melakuakn sebuah pertemuan resmi dengan Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama.
Barrack Obama telah memberikan penawaran terhadap ke Indonesia melalui tangan Jokowi terkait penjualan jet tempur F-16V. Robert Blake Jr selaku Duta Besar Amerika Serikat memberikan keterangan bahwa Amerika Serikat siap untuk melakukan kerja sama dengan Indonesia termasuk dengan penjualan jet tempur F-16V yang merupakan jenis terbaru. Jet tempur yang ditawarkan bukan jet tempur biasa, karena baru Indonesia yang menerima tawaran penjualan jet tempur tersebut.

Bukan hanya itu, Amerika Serikat juga menawarkan transfer teknologi. Tapi, kunjungan Jokowi ke Amerika pekan depan bukan untuk membahas negoisasi antara Jakarta dan Washington, melainkan kesepakatan militer. Sampai saat ini, Amerika tidak merasa ada kendala mengenai kesepakatan militer dengan Indonesia. Meskipun dulu sempat terjadi embargo penjualan senjata dengan Indonesia, tapi masalah itu kini sudah selesai. Salah satu isyaratnya adalah dengan penjualan helikopter Apache ke Indonesia. Helikopter ini dijual tanpa syarat.

Selama tiga hari Jokowi akan melangsungkan pertemuan resminya dengan Barrack Obama di Amerika Serikat. Dengan pembahasan terkait pertahanan dan militer, selain itu juga mereka akan membahas sejumlah masalah global yang sedang terjadi. Pertemuan resmi ini juga akan membahas terkait dengan peningkatan kerjasama salam menghadapi tantangan global dan regional, diantaranya yaitu peran RI di ASEAN, konflik Laut China Selatan, perubahan iklim dan perlawanan terhadap ektremisme.