Published On: Tue, Feb 28th, 2017

PAN Jaktim Dukung Anies-Sandi

BERITABENAR-Pasangan cagub dan cawagub Anies Baswedan-Sandiaga Uno semakin percaya diri menyambut putaran kedua Pilgub DKI 2017. Alasannya, pasangan nomor urut 3 itu baru saja mendapat tambahan dukungan dari kader dan pengurus Partai Amanat Nasional (PAN) Jakarta Timur Sandiaga Uno menyambut dukungan tersebut dengan gembira. Dia bahkan menyebut dukungan itu merupakan takdir yangtertunda Dia mengingat kembali saat kali pertama mengungkapkan niatnya untuk maju pilgub beberapa waktu lalu. Selain Gerindra, PAN sempat menyatakan dukungan untuknya meski takkunjung terealisasi sampai pendaftaran cagub dan cawagub ke KPU DKI.

“Waktu itu, lagi menggalang satu kesatuan. Ternyata, ceritanya agak sedikit berbelok. Akhirnya, kami bisa kembali lagi di sini walaupun jalan yang dihadapi berliku,” katanya di kawasan Ciracas, Jakarta Timur, kemarin (27/2). Dia mengungkapkan, Jakarta Timur merupakan wilayah yang dinilai penting pada pesta demokrasi lokal karena dapat mendulang suara di putaran kedua.

“Mudah-mudahan perjuangan di Jakarta Timur bisa solid untuk memastikan gubernur baru pada 19 April. Saya, Mas Agus, dan Mpok Sylvi memiliki semangat sama untuk membawa Jakarta yang lebih baik lagi,” ujar Sandi. Bukan hanya kubu Anies-Sandi, pasangan Basuki T. Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidajat juga terus bergerilya mencari tambahan dukungan politik. Ketua DPD Partai Hanura DKI OngenSangaji bersama jajarannya bertandang ke kantor DPWPKB DKI di Jalan Murtado, Jakarta Pusat, kemarin. Tujuannya, meyakinkan PKB agar mendukung pasangan Ahok-Djarot yang diusung PDIP, Golkar; Nasdem, dan Hanura.

“Saya sebenarnya ke sini karena diajak Bang Hasbiyallah Iliyas (ketua DPW PKB DKI)kata Ongen. Dia berharap PKB DKI mendukung pasangan Ahok-Djarot pada putaran kedua. (riz/co3/fai)

Demokrat diprediksi merapat ke Anies-Sandi. Perseteruan SBY dengan pemerintahan Jokowi-JK dan PDIP menjadi alasan kuat. Sama dengan putaran pertama lalu, pada putaran kedua, suara parta: ini diprediksi terpecah antara mendukung Ahok-Djarot dan Anies-Sandi. Partai berlambang matahari terbit ini hampir pasti mendukung Anies-Sandi. Banyak pihak yang memprediksi PKB berlabuh ke Ahok-Djarot. Track record partai yang cenderung bermain aman dengan mendukung pihak yang memerintah menjadi alasannya.