Published On: Fri, Mar 3rd, 2017

Pantau Karhutla, Siapkan 40 Tower

BERITABENAR-Bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tetap menjadi prioritas sejumlah perusahaan perkebunan dan hutan tanaman industri.

Manager Fire Protection PT Musi Hutan Persada (MHP), Chandralika didampingi Fire Extemal Communication Head, Alioeng Bararata Sakti mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mura. Sehingga, untuk karhutla dengan cepat dilakukan di desa-desa wilayah konsesi PT MHP telah dibentuk Masyarakat Peduli Api (MPA) di Desa Sindang Laya dan Mukti Karya.

“Mereka dilengkapi dengan peralatan pemadam kebakaran. Dan pihaknya juga telah menyiapkan tower pemantau api yang tersebar sebanyak 40 tower. Terintegrasi antara satu tower ke tower yang lain,”tegas Fire External Communication Head PT MHP, Alioeng Bararata Sakti, kemarin.

Menurutnya, pihaknya juga membuat penampungan air (embung) sebanyak 219 unit yang tersebar di seluruh areal HTI akasia yang tidak akan kering di musim kemarau. Sehingga, pihaknya melakukan pengawasan secara menyeluruh berkesinambungan.

“Kita konsisten dan terintegrasi untuk penanganan karhutla. Seperti petugas tower pemantau api yang selalu standby di tower dan melaporkan pemantauan setiap saat,” pungkasnya.
* hengkychandraagoes