Published On: Wed, Feb 22nd, 2017

Peduli Kesehatan, Tanoto Foundation Kucurkan Rp 2,3 Miliar

BERITABENAR- Medan rupanya tak luput dari perhatian Tanoto Foundation. Medan yang merupakan kampung halaman dari pendiri Tanoto Foundation, Sukanto Tanoto ini kembali memberikan perhatiannya dengan mendukung pembangunan Paviliun Teratai Rumah Sakit Bhayangkara TK-II Medan, Selasa (21/2).

Nilai awal sekitar Rp 2,3 miliar dikucurkan untuk penambahan fasilitas di Rumah Sakit Bhayangkara TK-II Medan, berupa penambahan kamar rawat inap VIP, WIP, fasilitas rawat jalan, CT Scan, serta berbagai perlengkapan rumah sakit lainnya.

Saat ditemui usai acara peresmian Paviliun Teratai Rumah Sakit Bhayangkara TK-II Medan, Ketua Pengurus Tanoto Foundation, Sihol Aritonang, menyebutkan mendukung pembangunan fasilitas-fasilitas kesehatan seperti halnya fasilitas Rumah Sakit Bhayangkara TK-II Medan yang diketahui akan menjalani akreditasi Rumah Sakit Nasional. Maka dari itu pihaknya membantu kelengkapan fasilitas.

Lanjut Sihol, Tanoto Foundation yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto ini mendukung upaya penanggulangan kemiskinan melalui tiga strategi, yaitu pendidikan, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kualitas hidup.

“Tanoto Foundation percaya bahwa kesehatan merupakan kunci dalam peningkatan kualitas hidup di Indonesia. Dengan demikian, sarana kesehatan yang baik harus dapat diakses dengan mudah oleh semua orang,” ujarnya.

Oleh Karena itu, katanya, Tanoto Foundation melakukan berbagai program dalam upaya peningkatan akses terhadap sarana kesehatan u-mum di Indonesia, termasuk mendukung berdirinya Paviliun Teratai.

Ia menyebutkan pembangunan Paviliun Teratai ini bertujuan untuk meningkatkan daya tampung pasien rawat inap bagi masyarakat Medan dan sekitarnya pada umumnya dan bagi anggota keluarga besar kepolisian pada khususnya.

Selain pembangunan fasilitas kesehatan seperti Paviliun Teratai ini, dirinya menyebutkan Tanoto Foundation bersama dengan mitra korporasi Grup Raja Garuda Emas juga terlibat dalam berbagai kegiatan untuk m-eningkatkan kesehatan masyarakat.

“Kami telah melatih lebih dari 750 kader kesehatan, mendukung 145 posyandu dan poskesdes, mendistribusikan 19.000 paket makanan bergizi tambahan untuk anak-anak di berbagai daerah pedesaan di Sumatera Utara, Riau, Jambi,” terangnya.

Pihaknya turut mendukung upaya perbaikan akses terhadap fasilitas umum lainnya, seperti pembangunan fasilitas air bersih, membangun dan merenovasi drainase untuk sistem sanitasi.

“Lebih dari 58.000 orang menjadi penerima manfaat dari berbagai kegiatan Tanoto Foundation,”ujarnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Tanoto Foundation secara rutin memberikan bantuan di bidang pendidikan lewat beasiswa untuk para mahasiswa di Kota Medan.

Sementara itu, ditemui di kesempatan yang sama, Kapolda Sumut Inspektur Jenderal Polisi Rycko Amelza Dahniel, mengungkapkan bahwa Paviliun Teratai Rumah Sakit Bhayangkara TK-II Medan tersebut dapat mendukung kinerja kepolisian.

“Pelayanan kesehatan ini bukan hanya untuk angkatan Polri dan keluarga saja. Melainkan seluruh lapisan masyarakat dapat memanfaatkan pelayanan Rumah Sakit Bhayangkara ini,” ujar Kapolda. (cr6)