Published On: Mon, Mar 6th, 2017

Pelabuhan Ujung Jabung dan Muara Sabak Jadi Incaran Kelompok Investor

BERITABENAR-Pelabuhan yang ada di Provinsi Jambi, yaitu Ujung Jabung dan Muara Sabak, menjadi magnet bagi investor asing. Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Fisik dan Perencanaan Badan Perencanaan Pembangunan Provinsi Jambi, Ammar, mengatakan ada potensi investasi di sana.

“Kalau tentang investasi, tentu ada potensi besar di Sana, Nanti pelabuhan di timur akan ramai, pintu keluar masuk,” ujarnya, beberapa waktu lalu. Namun, dia belum menjelaskan pihak investor mana yang Sudah mengincar pelabulhn itu.

Sementara itu, informasi yang dihimpun Tribun dari Badan Penanaman Modal Daerah dan Pelayaran Perizinan Terpadu (BPMD PPP) Provinsi Jambi, Sampai akhir tahun kemarin, modal asing sudah mengincar Jambi. Diantaranya energi, kelistrikan, Pelabuhan Ujung Jabung, hilirisasi karet dan CPO, bio mass, bahkan pengolahan Sampah dan air bersih. Ada dua kelompok besar investor, yaitu Tiongkok dan non-Tiongkok

Untuk investor Tiongkok kategori pertama, yang tertarik sektor utama, yaitu energi. Mereka sedang menggali informasi sektor itu, tidak terlepas dari rancangan umum PLN pada 2015-2024 dan 2016-2025. Investor ini berminat pada alokasi infrastruktur sektor kelistrikan dan berharap membangun PLTU (pembangkit listrik tenaga uap ) Kedua, yang tertarik pengembangan kawasan Ujung Jabung. Pembicaraan ini biasanya berkisar pada dua hal, yaitu pelabuhan dan kawasan industri. Ketiga, investor terkait hilirisasi komoditi utama Jambi, Crude palm Oil (CPO) dan karet.

Untuk investor non–Tiongkok, banyak yang berminat di sektor infrastruktur kelistrikan non-fosil atau energi terbarukan, semisal bio mas. Selain itu, rencana pengembangan sentra temak rakyat, karena bisa menjadi pemasok bahan baku utama bio mass. Investor non-Tiongkok, investor eks-Jerman Eropa,juga berminat ke sektor pelabuhan Ujung Jabung.

Kabar terakhir yang dihimpun Tribun, para investor akan masuk secara lebih dalam ke Jambi pada 2017′. (kur)