Published On: Thu, Mar 2nd, 2017

Pemanfaatan Sosial Media Harus Bijak

BERITABENAR-Peran sosial media dewasa ini semakin banyak dan kompleks. Perlu wawasan dan kebijaksanaan untuk memanfaatkannya dengan baik dan mendidik.

Hal itulah yang menjadi tujuan digelarnya seminar Social Media oleh SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, Rabu (1/3) di Hotel Ibis Jemursari.

Sedikitnya seratus peserta mulai kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru bimbingan konseling dari sejumlah SMP negeri dan swasta di Surabaya.

Kepala SMA Muhammadiyah 2 Surabaya Astajab SPd, MM menjelaskan, bahwa beberapa waktu terakhir masyarakat gencar menggerakan gerakan anti Hoax. Sedangkan media sosial pun menjadi saluran cepat untuk penyebarannya. Oleh karenanya, hal tersebut melatarbelakangi pihaknya memfasilitasi para guru dan pengajar untuk mendapat edukasi khusus sosial media.

“Selama ini medsos sudah digunakan dari anak-anak hingga orang tua. Masih banyak juga yang disalahgunakan. Sebagai guru kita perlu untuk mengajarkan siswa agar membawa medsos ke arah positif” ujar Astajab kepada Radar Surabaya, Rabu (1/3).

Perkembangan media sosial yang kini dalam genggaman tangan juga diharapkan bisa lebih dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan. Terlebih saat ini aktivitas masyarakat di dunia mava telah dipagari oleh Undang-Undang Informasi Teknologi Elektronik (UU ITE).

Maka, apapun tindakan yang dipaparkan atau cliung-gah ke media sosial harus dipikirkan dengan bijak. Pasalnya, baik buruknya sesuatu akan langsung berdampak bagi masyarakat ataupun menyerang balik individu yang bersangkutan.

“Jangan sampai justru sosmed jadi hal negatif. Untuk meng-upload atau mengunggah sesuatu harus dipikirkan matang karena begitu publish sudah nggak bisa dihilangkan permanen” ujarnya.

(psy/nur)