Published On: Tue, Feb 28th, 2017

Pembebasan Lahan Tercepat

BERITABENAR-Proses pembebasan lahan Jalan Tol Cibitung-Cimanggis di Kabupaten Bekasi diklaim paling cepat dibandingkan daerah lainnya. Sampai saat ini pembebasan lahan sudah mencapai 35 persen, tapi pengukuran rampung 100 persen.

“Dibandingkan daerah lainnya seperti Bogor, Depok, dan Kota Bekasi yang juga ditugasi pembebasan lahan tol di daer-anya, kami yang paling cepat,” klaim Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi, Dirwan A Dachri, Senin (27/2)

Saat ini, pihaknya sudah melakukan musyawarah dan masih menunggu penilaian dari tim apprisial. Jika dalam musyawarah ada warga yang tidak setuju, maka akan disurati dan diteruskan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). “Mekanisme lainnya yaitu gugatan hasil apprisial,” katanya.

MASALAH

Selama proses pembebasan lahan, Dirwan mengaku kerap dihadapkan pada masalah, seperti tumpang tindih tanah, ganti rugi, serta sengketa kepemilikan. Semua persoalan itu, ditindaklanjuti ke ranah hukum. “Uangnya itu nanti dititipkan di pengadilan,” ujarnya.

Saat ini realisasi pembebasan lahan Tol Cibi-tunt-Ciamanggis mencapai 35 persen dan pengukuran lahan sudah 100 persen. Pembangunan tol ini ditarget pemerintah selesai 2019. Keberadaan ruas tol ini untuk mengurai kemacetan di wilayah Bekasi karena bisa mengurangi jarak tempuh kendaraan diTol Jakarta-Cika-mpek. (lina/iw/ds)