Published On: Tue, Feb 21st, 2017

Pemerintah Perlu Menggelar Recyde Event

BERITABENAR-MENURUT saya, memang dibutuhkan solusi jitu untuk mengurangi sampah plastik. Semisal penerapan 3R (reduce, reuse, dan recycle). Pemerintah kabupaten dan desa tentunya perlu mengkampanyekan penerapan 3 R tersebut di desa-desa.

Untuk memotivasi warga untuk mendaur ulang sampah plastik, pemerintah bisa membuat sebuah event pendaurulangan sampah. Nah, selain untuk mengurangi sampah plastik, bisa juga mengasah kreativitas para warga dalam mendaur ulang sampah plastik. Yang olahannya paling kreatif, nanti bisa mendapat reward. Sehingga warga termotivasi dan recycle event itu rutin diadakan setiap bulan atau tahun.

Dengan adanya program tentang pentingnya laut untuk kehidupan manusia, mungkin menumbuhkan rasa peduli warga untuk mengurangi penggunaan sampah plastik dan membuangnya sembarangan apalagi warga yang dekat dengan pantai. Perlu juga diadakan event pantai bersih per kelurahan atau desa yang dekat dengan pantai, sehingga warga termotivasi untuk menjaga pantai dari sampah plastik dan lain-lain.

 
Suara pembaca