Published On: Tue, Jun 21st, 2016

Pengembang Reklamasi Diduga Kucurkan Uang Miliaran Rupiah ke Teman Ahok!

teman

Dalam rapat kerja bersama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi, Junimart Girsang selaku yang saat ini tercatat sebagai Anggota DPR dari fraksi PDI Perjuangan berhasil mengagetkan publik melalui pernyataannya yang menanyakan jika teman Ahok mendapatkan dana dari para pengembang reklamasi sebesar Rp. 30 Miliar. Dana tersebut dicairkan ke Teman Ahok melalui lembaga Cyrus dan juga Sunny Tanuwijaya.

Sebagai catatan tambahan, Cyrus merupakan salah satu lembaga Netrwork Pubkluc Affairs yang bergerak dibidang konsultan politik. Sedangkan Sunny Tanuwijaya saat ini menjabat sebagai staff khusus Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Seperti yang dilansir Berita Benar dari laman Tempo (21/6/2016), menanggapi pernyataan Junimart, Agus Rahardjo selaku ketua KPK mengaku siap menerbitkan surat penyelidikan atas laporan tersebut. Lagipula, saat ini informasinya sudah berhasil dihimpun KPK. Bahkan untuk memperdalam kasus ini, saat ini KPK sudah memeriksa mantan Managing Direktor dari Cyrus yakni Andreas Bartoni dan para pemimpin perusahaan pengembang reklamasi yang terlibat yakni Agung Podomoro Land dan Agung Sedayu Grup.

Andreas Bartoni sendiri tidak mengelak jika pihaknya pernah mengetahui pencairan dana sebanyak 2 kali dari para pengembang reklamasi. Menurutnya, Agung Pdomoro pernah memberikan uang sebanyak Rp. 1,3 miliar pada tanggal 14 April 2015. Sedangkan Agung Sedayu Grup, memberikan uang Rp. 7 miliar pada tanggal 19 Agustus 2015. Uang yang jumlahnya sangat besar tersebut kabarnya merupakan sebagian realisasi proposal pendirian Teman Ahok yang sebelumnya telah disepakati oleh para petinggi Cyrus dan juga Sunny pada awal bulan April 2015.