Published On: Thu, Dec 8th, 2016

Pengusaha Bisnis Berkesinambungan Yohanes Chandra Ekajaya

Bisnis Berkesinambungan Yohanes Chandra Ekajaya 2Menurut pengusaha Yohanes Chandra Ekajaya, untuk bertahan dan beradaptasi di era globalisasi serta berperadaban digital seperti saat ini sangat diperlukan gebrakan yang eksperimental alias tidak biasa atau tidak umum. Ia mengatakan bahwa untuk membuat gebrakan semacam itu diperlukan pemahaman mengenai disruptive innovation.

Disruptive innovation atau inovasi disruptif adalah pengolahan terhadap pasar. Bisa dengan menciptakan pasar baru, mengganggu pasar yang sudah ada, atau bahkan merusak pasar yang sudah mapan. Tujuan akhir adalah menggantikan pasar yang sudah ada dengan sebuah pasar baru. Pengusaha Yohanes Chandra Ekajaya mengatakan bahwa komitmen penuh dari para pengusaha serta wirausaha dapat membuat gebrakan-gebrakan yang tidak terkira di pasar nasional, dan bahkan internasional.

 

Tetapi pengusaha Yohanes Chandra Ekajaya juga mengatakan bahwa diperlukan kepemimpinan yang tangguh serta mumpuni ketika terjadi inovasi disruptif. Sebab, bila pemimpinya tangguh dan mumpuni, maka para pengusaha dan wirausahawan yang mempunyai inovasi kreatif dan inovasi-inovasinya tersebut dapat berkelanjutan, maka akan menciptakan banyak pasar-pasar baru yang dapat meningkatkan, atau bahkan mendongkrak perekonomian bangsa, terutama di sektor pariwisata.

Bisnis Berkesinambungan Yohanes Chandra Ekajaya 1

Prinsip dari inovasi disruptif sebenarnya sama dengan prinsip chaos. Dimana suatu kehancuran atau penghancuran sangat dibutuhkan untuk membentuk suatu peradaban yang baru. Bila dalam film The Matrix, hal ini bisa disebut sebagai system restore. Dimana dunia yang sedang kacau membutuhkan sosok seperti Neo. Di Indonesia, sosok pembaharu yang terlihat seperti Neo adalah Yohanes Chandra Ekajaya.

Sebagai seorang pengusaha, visi dan misi Yohanes Chandra Ekajaya jauh melampaui zamannya. Ia tidak pernah takut dengan adanya perubahan atau penghancuran pasar secara signifikan. Ia bahkan berani mengatakan bahwa dunia ini membutuhkan kehancuran ekonomi yang maha dahsyat supaya dunia bisa melihat bahwa hanya negara yang mempunyai rakyat yang tangguhlah yang dapat bertahan dan membangun ulang peradaban dunia.

Makanya, Yohanes Chandra Ekajaya selalu berprinsip bahwa negara-negara yang tangguh seperti Indonesialah yang dapat menjadi penyangga dunia. Sebab rakyat Indonesia adalah rakyat yang selalu kreatif dan inovatif, bahkan selalu