Published On: Thu, Feb 4th, 2016

Perang Propaganda Semakin Intens, Korut Kirimkan Balon Berisi Sampah ke Korsel!

Setelah melakukan propaganda besar-besaran melalu pamflet di awal tahun silam, Korea Utara kembali melakukan serangan propaganda melalui sampah yang dikirim dengan media balon udara. Balon tersebut ditemukan terbang bebas di wilayah Zona Demeliterisasi (DMZ) Korea Selatan.

Saat ditemukan, pihak militer setempat khawatir jika balon tersebut berisi sampah yang telah terinfeksi biokimia yang mampu melukai warga Korea Selatan. Namun setelah dilakukan pengecekan lebih lanjut, ternyata balon tersebut hanya berisi sampah rumah tangga seperti puntung rokok, tisu toilet dan lain-lain.

“Ketika kami membuka sebuah bundel yang jatuh di tanah, kami menemukan plastik berisi selebaran yang dicampur dengan sampah. Ada kekhawatiran bahwa Korea Utara bisa mengirimkan substansi biokimia untuk melukai orang kami, namun setelah dianalisis, itu hanya sampah.” Ungkap salah satu anggota militer Korea Selatan. Seperti yang dikutip Berita Benar dari laman Cnn Indonesia.

Tidak hanya Korea Utara, Korea Selatan juga tidak kalah ketinggalan menjalankan propaganda. Namun propaganda yang dilakukan Korea Selatan cukup unik yakni dengan cara menyiarkan lagu K-Pop dan juga siaran berita dengan pengeras suara.