Published On: Tue, Aug 30th, 2016

Peraturan Lalu Lintas Ganjil Genap Mulai Diberlakukan di Jakarta

Johanes Chandra Ekajaya

Setelah melewati masa sosialisasi dan uji coba, akhirnya peraturan lalu lintas ganjil genap mulai diterapkan di Jakarta. Peraturan ini berlaku di beberapa jalan protokol Jakarta yang sebelumnya menggunakan sistem lalu lintas 3 in 1. Peraturan lalu lintas ganjil genap mulai berlaku pada hari ini (30/8/2016). Dengan begitu, hari ini hanya mobil dengan plat nomer genap saja yang boleh melintas di kawasan bekas 3 in 1.

Terkait dengan peraturan ini, Komisaris Besar Syamsul Bahri selaku Direktur lalu Lintas Polda Metro Jaya mengatakan jika pihaknya akan menegakan peraturan ganjil genap. Sebabm berasarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, bila ada yang melanggar peraturan ini akan dikenakan denda sampai dengan Rp.500.000 tergantung dengan putusan pengadilan.

Selain itu, sebagai acuan pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga sebenarnya telah menerbitkan Peraturan Gubernur Nomor 164 Tahun 2016 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap. Berdasarkan peraturan ini, beberapa ruas jalan yang menggunakan sistem lalu lintas ganjul genap antara lain persimpangan Halan Hr Rasuna Said sampai Gerbang Pemuda, jalan Sisingamangaraja, Jalan MH Thamrin, Jalan Jendral Sudirman, dan Jalan Medan Merdeka Barat. Peraturan tersebut berlaku dari ja, 07.00-10.00 WIB dan 16.00-20.00 WIB dari hari Senin sampai dengan hari Jumat. Seperti yang dilansir Berita Benar dari l aman Kompas (30/8/2016).

Peraturan ini tidak berlaku untuk mobil dinas Presiden RI, Wakil Presiden RI, Pejabat Tinggi Negara, kendaraan layanan masyarakat, angkutan umum dan sepeda motor.