Published On: Fri, May 20th, 2016

Perkosa 58 Anak, Pengusaha Kontraktor Hanya Divonis 9 Tahun Penjara

terdakwa-pemerkosaan-anak-di-bawah-umur-sony-sandra-63-_160519112727-209

Pengusaha kontraktor asal Kediri yang menjadi tersangka utama dari aksi pemerkosaan terhadap 58 anak itu hanya divonis ancaman hukuman penjara selama sembilan bulan dan dikenakan denda 250 juta subsider empat bulan penjara. Hukuman yang terbilang ringan itu dijatuhkan atas keputusan dari Purnomo Amin Tjahyo selaku majelis hakim Pengadilan Negeri Kota Kediri.

Purnomo menambahkan alasan mengapa Sony hanya ditetapkan kurungan sembilan tahun penjara, karena masa penangkapan dan penahanan mengurangi lamanya pidana yang dikenakan. Selain itu, Sony juga dibebani biaya perkara Rp 5 ribu.

“Tidak ada intervensi dari pihak manapun menjelang persidangan, handphone saya matikan sejak kemarin,” kata Purnomo sesaat sebelum persidangan dimulai, seperti Berita benar kutip dari Republika, Jumat (20 Mei 2016).

Dalam sidang penetapan hukuman yang akan dikenakan kepada Sony tersebut, Majelis Hakim menyatakan bahwa terdakwa terbukti melakukan kesalahan dengan melakukan tipu muslihat dan serangkaian kebohongan untuk membujuk anak melakukan persetubuhan. Vonis didasarkan atas Pasal 81 ayat 2 UU RI 23/2002 tentang Perlindungan Anak jucto pasal 65 ayat 1 KUHP.

Beberapa fakta yang cukup menggegerkan di persidangan Sony itupun terungkap bahwa korban berinisial I, AK, dan F secara sadar dan sukarela melakukan perbuatan tak senonoh dengan Sony. Ketiganya mengaku rela melakukan hal tersebut karena memerlukan uang untuk mengikuti gaya hidup di zaman sekarang. Ekonomi orang tua dari ketiganya terbilang pas-pasan , oleh karena itu mereka rela menjual diri.

“Sony selalu memberi uang usai melakukan aksinya dan menjanjikan akan memenuhi kebutuhan korban,” kata Ndaru Swastika Rini selaku anggota majelis hakim, dalam persidangan. Besarnya uang yang diberikan antara Rp 300 ribu – Rp 500 ribu.