Published On: Wed, Feb 22nd, 2017

Pertamina Bagi-bagi BBM Gratis, Hoax

BERITABENAR-Beberapa hari terakhir ini, media sosial dibanjiri informasi Pertamina bagi-bagi bahan bakar minyak (BBM) gratis mulai dari tanggal 29-30 Februari 2017 dan berlaku di seluruh SPBU. Informasi tersebut tentu saja membuat masyarakat senang apalagi menjelang akhir bulan.

Seperti diungkapkan Chandra, 32, warga Gunungpangilun. Ia mengaku gembira mendapat informasi tersebut. Bahkan ia berencana akan mengosongkan tangki kendaraan roda duanya menjelang tanggal tersebut. “Kalau memang demikian saya akan mengosongkan tangki motor saya,” ujarnya.

Kendati demikian, ia mengaku masih ragu apakah informasi Pertamina di media sosial (medsos) tersebut benar atau tidak karena sekarang banyak berita-berita hoax bertebaran di medsos. Wawan, 40, warga Aircamar tampaknya sedikit cermat. Ia mengatakan informasi tersebut tidaklah benar.

“Melihat tanggal yang tertera pada gambar pengumuman, maka tanggal tersebut tidak ada di bulan Februari 2017. Karena Februari tahun ini hanya sampai tanggal 28 Februari,” tuturnya.

Selain itu kata dia, tidak mungkin Pertamina melakukan hal itu.

Tentu saja Pertamina akan rugi, karena warga banyak berbondong-bondong mengisi sampaifidl. “Kalau ada promo, biasanya menukarkan kupon dengan BBM,” jelasnya.

Menanggapi informasi tersebut, Officer Communication & Relation Pertamina Sumbagut, Arya Yuza Dwicandra mengatakan, informasi tersebut adalah hoax. “Informasi itu tidak benai;’ jelasnya.

Manajemen Pertamina melalui fanpage resminya pada Facebook juga telah mengonfirmasi jika informasi pada meme itu adalah hoax.

“Hai sobat, selalu pantau Chan-nel resmi Pertamina untuk infonnasi dan promo yangvalid ya. Serta selalu waspada terhadap informasi hoax demikian ditulis admiii fanpage itu.

Karena itu, ia mengimbau agar warga berhati-hati jika menerima informasi. Sebaiknya ditelaah terlebih dahulu dan jangan langsung menyebarluaskan jika belum terbukti kebenarannya.