Published On: Wed, Feb 22nd, 2017

Perwira AD Penasihat Baru Trump

BERITABENAR-Presiden Amerika Serikat, Donald Trump telah menemukan orang yang tepat pada posisi penasihat keamanan negara. Trump menunjuk, Letnan Jenderal, Herbert Raymond McMaster menduduki posisi strategis ini.

POSISI ini awalnya, ditempati Michael Flynn yang mundur setelah teriib at pembicaraan dengan dubes Rusia untukAS sebelumTrump resmi menjabat Dia kemudian disebut dipaksa mundur akibat tidak melaporkan hasil pembicaraannya pada Wakil Presiden Mike Pence. McMaster sebelumnya
bertugas di Irak dan Afghanistan. Jenderal Angkatan Darat AS ini dipilih setelah RobertHarward, menolakta-waran Trump untuk menggantikan Flynn dengan alasan kepentingan pribadi.

Dalam perjalanannya, McMaster mendapat sejumlah penghargaanatasdedika-sinya di dunia militer. Khususnya dalam Perang Teluk. Saat bertugas di Afghanistan dan Irak, dia dikenal bijaksana, lihai dalam strategi militer, dan tegas.

Selain itu, McMaster dianggap tidak memiliki hubungan dekat dengan Mos-kwa. Bahkan dia baru saja ditugaskan untuk mempel-
ajari strategi melawan beberapa kemajuan militer Rusia.

Padamedio2014, Majalah Time pernah memasukkannya sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia. Dia bahkan dijuluki sebagai seorang prajurit militer-pemikir yang jempolan di abad ini.

McMaster juga memiliki gelardoktordalambidangse-jarah dari University of North Carolina.
Hanya saja, dia juga pernah mengkritik keterlibatan militer AS dalam Perang Vietnam dalam bukunya.
Trump memuji McMaster sebagai seorang pria dengan bakat dan pengalaman luar biasa. “Dalam dunia militer, sangat dihormati oleh semua orang,” sebut Trump dikutip BBC, Selasa, 21 Februari.
McMaster akan menjadi penasihat Trump dalam menanggapi isu-isu keamanan baik dalam maupun luar negeri. Seorang penasihat presiden dianggap sebagai orang yang sangat penting dan menjadi kunci kebijakan militer gedung putih. (bs/arm)

Caption:
PEMBISIK ELITE. Presiden AS. Donal Trump bersama dengan Letnan Jenderal H.R. McMaster (kiri). Trump menunjuk McMaster di posisi penasihat keamanan negara.