Published On: Thu, Feb 23rd, 2017

Peserta UN 2017 Se-Aceh 69.053 SIswa

BERITABENAR– Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Laisani MSi menyebutkan bahwa peserta Ujian Nasional (UN) SMA/SMK/MAse-Aceh yang berlangsung 10 April 2017 mendatang, berjumlah 69.053 siswa. Jumlah tersebut terairi dari siswa SMA seluruh Aceh sebanyak 41.899 orang, siswa MA 13.918 orang,” siswa SMK 13.236 orang.

“Untuk menyiapkan siswa dalam menghadapi UN, pemerintah pun menggelar ujian pra-UN (try out) untuk semua siswa kelas I SMA/sederajat di seluruh Aceh secara serentak pada Rabu (22/2),” kata Laisani saat membuka pelaksanaan try out pra-UN dl S MAN Unggul Sigli, kemarin.

Tiga mata pelajaran yang diuji dalam try out ini yaitu matematika, bahasa Indonesia dari bahasa Inggris. Try out ini bertujuan mengukur ketercapaian target kurikulum yang sudah ditetapkan oleh guru. “Tindak lanjut dari hasil pra-UN. Disdik Aceh dan Disdik kab/kota akan melakukan re-midial teaching dan pengayaan kepada guru-guru untuk Jenjang SMA. SMK dan MA,” ungkapnya.

Hasil try out ini Juga akan menjadi bahan analisa bagi lembaga Pusat Pengembangan Mutu Guru (PPMG) seluruh Aceh, yang akan diarahkan pada pembekalan kepada guru pelajaran bidang studi.

Untuk tahun ini. hasil UN tidak menjadi satu-satunya standar kelulusan, karena kelulusan siswa juga akan ditentukan oleh hasil musyawarah para guru. “UN hanya untuk mengetahui daya serap/kualitas lulusan, dan sebagai pemetaan mutu atau untuk mengukur daya serap kurikulum yang diberikan kepada siswa,” tambah Laisani. yang melakukan pemantauan try out di sejumlah SMA di Sigli, kemarin.(aya)