Published On: Wed, Aug 24th, 2016

Petani: Jika Harga Rokok Naik, Harga Tembakau Juga Harus Naik!

Johanes Chandra Ekajaya

Wacana kenaikan harga rokok ternyata tidak sebanding dengan harga tembakau yang ada di pasaran saat ini. Sebab, banyak petani yang mengeluhkan harga tembakau tembakau saat ini. Bagaimana tidak, harga tembakau saat ini hanya berkisar Rp. 1.000 per kilonya.

Petani tembakau yang berlokasi di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah mengaku mengalami kesulitan karena harga tembakau yang dibandrol murah. Oleh karena itu, ia meminta pemerintah agar ikut menaikan harga tembakau jika nantinya wacana harga rokok Rp. 50 ribu perbungkusnya benar-benar terealisasi.

“Sebelum pemerintah menaikan harga rokok sampai Rp. 50 ribu perbungkusnya, tolong bantu kami dulu para petani untuk menstabilkan dan menaikan harga rokok. Sebab saat ini harga tembakau terus terpuruk,” Ungkap Slamet yang merupakan salah satu petani tembakau di daerah tersebut. Seperti yang dilansir Berita Benar dari laman Liputan 6 (24/8/2016).

Para petani mengaku mengalami kerugian karena hasil panen yang tidak sebanding dengan modal saat mereka menanam tembakau. Mereka mengaku harus mmengeluarkan modal sebesar Rp 5 juta untuk lahan satu hektar. Jika masa panennya sedang bagus, lahan tersebut berhasil menghasilkan 3 ton tembakau.

Mereka bahkan menilai jika kenaikan harga rokok kali ini merupakan salah satu upaya negara untuk menaikan pendapatan negara saat ini. Tidak hanya itu, jika wacana kenaikan rokok terealisasi, menurut mereka hanya perusahaan rokok yang diuntungkan.