Published On: Mon, Feb 20th, 2017

Pleno KIP Kab/ Kota 22-24 Februari

“Rekapitulasi tingkat kabupaten akan digelar pada 22 Februari ini. Sementara untuk penetapan calon bupati terpilih akan dilakukan pada 10 Maret 2017.”

Komisi Independen Pemilihan (KIP) di kabupaten/kota dijadwalkan akan menggelar rapat pleno hasil rekapitulasi perolehan suara pasangan calon kepala daerah (gubernur/bupati/wali kota) pada 22-24 Februari 2017.

Informasi yang diperoleh Serambi. Minggu (19/2). proses rekapitulasi pada tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di beberapa kabupaten/kota dilaporkan sudah rampung seluruhnya.
Di antaranya Kabupaten Nagan Raya. Aceh Barat Daya (Abdya). dan Aceh Barat.

“Hari Rabu akan kita gelar rapat pleno di Komplek Perkantoran Suka Mak-mue.” kata Komisioner KIP Nagan Raya. Said Mudhar AM a kepada Serambi. Minggu (19/2).

Pleno yang akan dilakukan berdasarkan hasil rapat pleno di tingkat PPK yang telah selesai sejak beberapa hari lalu. “Jadi yang kita ple-nokan ini adalah suara hasil rekapitulasi di tingkat PPK Sedangkan hasil di Si-tung KPU hanya sebagai data pembanding saja sesuai formulirC 1 yang telah diupload terlebih dahulu.-imbuh Said.

Proses rekapitulasi di tingkat PPK Abtfya juga dilaporkan telah tuntas sejak Sabtu (18/2) malam. Sedangkan re kap perolehan suara sementara masing-masing paslon untuk tingkat KIP dilaksanakan sesuai jadwal, yaitu pada 22-24 Februari mendatang.

“Jadwal rekap suara tingkat PPK kecamatan pada 16-22 Februari, tetapi seluruh PPK di Abdva telah tuntas melakukan rekap pada Sabtu malam.” kata Ketua KIP Abdya. Elfiza. didampingi Divisi Sosialisasi dan Hukum. Masykur.

Sedangkan rekap perolehan suara sementara paslon untuk tingkat Kabupaten Abdya dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, yaitu sejak 22-24 Februari. “Jadwal selanjutnya adalah penetapan calon bupati dan wakil bupati Abdya terpilih, bila tidak ada permohonan per-selihan hasil Pilkada.” imbuh Elfiza.

Ketua KIP Aceh Barat. Bahagia Idris, juga menyampaikan bahwa proses rekapitulasi di tingkat PPK sudah tuntas dan pada Minggu (19/2) dini hari sudah diantarkan ke kantor KIP. “Hasil rekap oleh PPK sebanyak 12 PPK sudah diantarkan ke KIP. Seluruh logistik sudah di KIP.” kata Bahagia.

Pihaknya juga sudah menjadwalkan rekapitulasi tingkat kabupaten akan digelar pada 22 Februari ini. Sementara untuk penetapan calon bupati terpilih akan dilakukan pada 10 Maret 2017 .(edi/nun/riz)

jadwal rekapitulasi suara
* 15 Februari, pungut hitung di Tempat Pemungutan Suara (TPS)
* 15-17 Februari, penyampian hasil ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)
* 16-22 Februari, rekapitulasi hasil perhitungan di kecamatan dan penyampaian hasil

kepada KIP kabupaten/kota
* 22-24 Februari, rekapitulasi dan pengumuman hasil perhitungan suara tingkat kabupaten/kota
* 25-27 Februari, rekapitulasi dan pengumuman tingkat provinsi untuk pemilihan gubernur/wakil gubernur