Published On: Fri, Mar 3rd, 2017

PLN Optimist Penuh target Pemakaian EBT

BERITABENAR-PLN optimistis bisa memenuhi target pemakaian energi baru dan terbarukan (EBT) hingga 23 persen hingga 2025. “Kami optimis,” kata Dirut PLN, Sofyan Basir saat dialog energi 2017, Kamis (2/3).

Untuk mencapai hal tersebut, pihaknya menerapkan sejumlah strategi. Di antaranya mengoptimalisasi potensi hidro dan panas bumi. Membangun pusat listrik tenaga surya (PLTs) sebagai hybrid untuk meningkatkan ratio elektrifikasi di Indonesia Timur dan membangun Smart Grid untuk mengakselerasi pembangkit EBT intermitten.

“Intinya kami siap dan optimis untuk target pengembangan EBT. PLN tidak akan menghambat pengusaha yang ingin berinvestasi dalam bisnis EBT,” jelas mantan Dirut BRI ini.

Salah satu kendala yang disebut-sebut menghambat pengembangan EBT, terutama panas bumi yang risikonya tinggi dan biaya investasinya yang mahal. “Meski berisiko besar, kami berharap pengusaha panas bumi dan EBT tetap tertarik untuk berinvestasi dalam pengembangan renewable energi,” ujarnya.

Menteri ESDM, Iqnasius Jonan, mengungkapkan kebijakan baru ini bertujuan untuk menekan tarif listrik. Sebab kalau listrik dari EBT mahal harganya, tentu ujung-ujungnya membebani rakyat. Karena itu, ia menegaskan harus dibuat seefisien mungkin.

“BPP (biaya pokok produksi, red) harus ditekan agar terjangkau rakyat. Sehingga hal ini perlu bantuan seluruh pihak untuk mewujudkannya,” terangnya. (setiawan/si)