Published On: Mon, Feb 20th, 2017

Poscar Ajak Selamatkan Kucing Jalanan

BERITABENAR.COM-Pontianak Stray Cats Care (Poscar) menggelar Festival Kucing Kampung se-Kalimantan Barat 2017 di Aula Rumah Dinas Wakil Wali Kota Pontianak, Minggu (19/2) pagi.

Ada beberapa lomba yang digelar dalam festival ini.

Pontianak Stray Cats Care (Posear) adalah komunitas yang fokus memperhatikan kucing-kucing jalanan yang dibuang oleh pemiliknya. Ketua Panitia Festival Kucing Kampung ee-Kalimantan Barat 2017 yangjuga Ketua Poscar, Ozar menyatakan, festival kali ini merupakan bentuk nyata kepedulian Poscar dalam mengubah paradigma masyarakat mengenai kucing lokal.

Ada sejumlah lomba yang digelar seperti cat Show, cat fashion show. lomba mewarnai mewarnai TK dan SD. Khusus untuk lomba cat show dan cat fashion show, kali ini merupakan penyelenggaraan pertama di Kalimantan Barat.

“Tujuan utama kita ialah mengenalkan masyarakat bahwa kucing kampung jika dipelihara juga dapat menjadi kucing rumahan. Selama ini kan masyarakat sebagian besar menganggap kucing kampung hanya bisa hidup liar,” ujarnya kepada Tribiui Pontianak, di sela acara festival.

Setelah dilaksanakan, menurutnya jumlah peserta yang mendaftar mengikuti Cats Show dan Cat Fashion Show diluar perkiraan. Bahkan dikatakannya beberapa peserta menang memelihara kucing jalanan yang dirawat.

“Ada 30 peserta yang ikut, bahkan beberapa peserta mengambil kucing jalanan yang dirawat, dan hasilnya kucingnya bagus sekarang. Mereka ambil lalu rawat, sterilkan, divaksin, dan diberikan makanan yang sesuai sehingga hasilnya tidak kalah bagus,” ujarnya.

Bahkan menurutnya kucing lokal lebih banyak keunggulannya dari kucing persia. Terutama dalam hal ketahanan atau antibodi. Kucing lokal lebih kuat, dibandingkan kucing persia yang rentan penyakit.

Selain itu, pada kegiatan ini juga disandingkan lomba mewarnai bagi anak-anak SD dan TK. Dirangkainya lomba mewarnai juga bertujuan untuk mengenalkan anak-anak dengan kucing lokal.

“Kita juga selenggarakan lomba menggambar secara bersamaan. Khusus untuk anak SD dan TK. Kita laksanakan bersamaan agar mereka juga bisa kenal dan cinta sama kucing lokal,” jelasnya.

Oleh karena itu, untuk selanjutnya ia mengatakan akan melaksanakan kegiatan serupa. Sebab pada penyelenggaraan pertama ini para peserta sudah sangat antusias dalam meramaikan.

Lomba Mewarnai

Satu di antara peserta lomba mewarnai pada Festival Kucing Kampung Se-Kalimantan Barat 2017, Lexlando mengaku sangat senang mengikuti lomba mewarnai yang dilaksanakan di Aula Kantor Wakil Walikota Pontianak, Jalan KS Tubun.

Bahkan menurut siswa kelas 3 Sekolah Dasar Im-manuel ini setiap kegiatan atau lomba mewarnai dan menggambar selalu diikutinya. Itu semua karena memang sebagai wadah ia menyalurkan bakatnya dalam menggambar dan mewarnai.

“Sering ikut lomba kayak gini, di rumah juga biasa juga gambar. Memang suka gambar dari kecil, mungkin dari TK. Jadi sudah biasa gambar,” ujarnya saat ditanya Tribun.

Hal ini juga dibenarkan oleh Ibunya, Sumarna menyatakan bahwa memang anaknya tersebut sangat hobi menggambar dan mewarnai. Oleh karena itu ia mendaftarkan anaknya untuk ikut lomba tersebut.

“Kemarin dapat informasi dari teman, kebetulan anak saya suka gambar dan sering ikut lomba makanya saya daftarkan. Saya juga memang senang lihat dia gambar, dia bisa mengkreasikan kreatifitas-nya,” jelasnya.

Untuk itu, ia selalu mendukung hobi anaknya dengan cara memberikan buku cerita dan alat atau perlengkapan menggambar. Sebab hobi anaknya tersebut sudah sering membuahkan hasil yang membanggakan.

“Sudah sering ikut lomba gambar atau mewarnai. Tahun kemarin juara 1 lomba menggambar dan mewarnai di Penggadaian mengalahkan ribuan peserta yang ikut. Makanya selalu saya dukung,” pungkasnya.

(wahidin)

Fotocaption:
KUCING KAMPUNG – Seorang anak memperhatikan kucing kampung yang ikut dipamerkan pada Festival Kucing Kampung se Kalbar di aula rumah dinas Wakil Wali Kota Pontianak, Minggu (19/2).