Published On: Thu, Feb 23rd, 2017

Puskesmas Gantrung Peringati Hari Gizi Nasional

BERITABENAR-Rangkaian peringatan Hari Gizi Nasional yang jatuh setiap 25 Januari ciigclar di Posyandu Melati di Dusun Ngujur, Desa Rejosari, Kecamatan Kcbonsari. Dalam peringatan kali ini, pihak UPT Puskesmas Gantrung bersama mitra kerjanya, Milna berinisiatif mengadakan pemeriksaan gratis bagi balita “Ini upaya kami untuk memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya kondisi kesehatan dan tumbuh kembang buah hati,” ujar Pelaksana Gizi Puskesmas Gantrung Asno kepada Jawa Pos Radar Madiun, Selasa (21/2).

Selama ini, petugas Puskesmas Gantrung telah memberikan perhatian besar terhadap pemberian asupan nutrisi bagi balita Mereka terus mengkampanyekan agar enam bulan pertama setelah menerima ASI eksklusif, balita harus mendapatkan asupan buah dan sayur. “Makanan yang bergizi seimbang diperlukan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak sejak dalam kandungan, terutama buah dan sayur,” terangnya

Tidak hanya menekankan pemberian gizi seimbang bagi balita, petugas puskesmas bersama Milna juga menggelar pemeriksaan kesehatan. Seperti berat badan, pemberian imunisasi, dan pemberian vitamin A untuk balita. Kegiatan ini juga diwarnai dengan lomba dance dan lomba merangkak.

“Totalnya ada 130 balita yang ikut serta dalam peringatan Hari Gizi Nasional ke-57 ini,” ujar perwakilan Puskesmas Gantrung dr. Kirnia Tri Wulandari.

dr. Kimia yang hadir mewakili Kepala IJPT Puskesmas Gantrung Iin Sugiyanti menjelaskan, peringatan nari gizi kali ini mengambil tema ‘Pentingnya Momen Makan Pertama Si Kecil Khususnya Konsumsi Buah dan Sayur dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan! Pihaknya juga melibatkan lintas sektoral dalam event tersebut.

Petugas dari TNI, Polisi, Camat yang diwakili sekretaris kecamatan, dan Kades Rejosari terlihat berpartisipasi membantu pemeriksaan kesehatan. “Kehadiran lintas sektoral dalam event ini agar lebih merakyat.

Kami berharap kegiatan ini bisa menginspirasi posyandu dan desa binaan agar lebih memperhatikan tumbuh kembang balita,” jelasnya, (tpl, bar/aan)

Caption:

AYO KE PUSKESMAS: dr. Kimia Tri Wulandari melihat kondisi balita yang mengikuti pemeriksaan gratis di Posyandu Melati.