Published On: Mon, Jul 25th, 2016

Rabu Ini Sistem Ganjil Genap Siap Diuji Coba di Jakarta!

078066400_1459948747-20160406-genap-ganjil-FF-3

Demi mengurai kemacetan di Jakarta, sistem lalu lintas ganjil genap siap diuji coba. Sistem lalu lintas khusus kendaraan roda empat tersebut kabarnya akan mulai di uji coba pada hari Rabu (27/7/2016) mendatang. Di hari pertama uji coba tersebut, kendaraan roda empat yang boleh melintas hanyalah yang memiliki nomor pelat ganjil saja. Sedangkan untuk pelat bernomor genap, pihak Polda Metro Jaya akan melakukan pengalihan arus lalu lintas.

“Makanya, mobil berpelat genap mesti mengambil rute-rute pengalihan arus, begitupun nanti saat tanggal berpelat ganjil dilarang melintas di kawasan ganjil genap,” ungkpa AKBP Budiyanto selaku Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya seperti yang dikutip Berita Benar dari laman Merdeka (25/7/2016).

Dengan adanya peraturan ini, pihak Polda Metro Jaya juga menghimbau agar masyarakat bisa taat dan tidak mencoba mengelabui petugas dengan mengganti pelat nomor mereka. Sebab, pihak Kepolisian siap mengambil tindakan tegas jika menemukan pelanggar yang menggunakan pelat nomer palsu.

“Nah kalau itu harus ditilang, karena sudah pelanggaran dan bahkan pidana yang dikenakan adalah pasal pemalsuan UU Angkutan dan Jalan Raya. Sanksinya maksimal 2 bulan penjara dan denda Rp 500 ribu,” tuturnya.

Di masa uji coba nanti, pihak Polda Metro Jaya akan dibantu oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk memberikan sosialisasi kepada Masyarakat mengenai sistem ganjil genap ini. Salah satu sosialisasi yang siap dijalankan adalah pembagian flyer berisi informasi peraturan ganjil genap kepada masyarakat.