Published On: Thu, Mar 2nd, 2017

Ramai-Ramai Upgrade Fitur

BERITABENAR-Youngers, dua aplikasi paling banyak digunakan netizens dunia, baru saja meluncurkan fitur anyar. Aplikasi perpesanan Whatsapp menambah fitur stories layaknya Instagram dan Snapchat. Sedangkan Instagram membuat fitur carousel yang dapat menampilkan 10 foto atau video dalam satu postingan. Bagaimana sih cara menggunakan dua fitur terbaru di dua aplikasi ini? Simak ulasan The Young berikut.

Whatsapp Punya Stories

Menguntit Snapchat, aplikasi perpesanan Whatsapp akhirnya meluncurkan fitur stories mirip saudaranya, Instagram. Fitur aplikasi yang telah diunduh satu miliar orang hingga akhir 2016 ini telah dirilis sepekan terakhir. Stories milik Whatsapp berada di kolom status. Pengguna dapat mengunggah foto maupun video di kolom tersebut.

Video stories milik Whatsapp memungkinan penggunanya mengunggah klip pendek sepanjang 45 detik. Format file Gif pun juga dapat diunggah di fitur tersebut. Stories tersebut juga dapat ditambahkan emoji dan penjelasan teks berikut beragam warna yang tersedia. Kontak yang memiliki nomor ponsel kita pun kemudian dapat menonton status tersebut. Sebaliknya, kita juga dapat melihat siapa saja yang telah mengintip status itu.

Saat menilik kolom status di pembaruan, pengguna pun dapat bereaksi menyampaikan balasan (mirip Instagram). Caranya dengan menekan balasan, kemudian respons dikirim sebagai pesan Whatsapp baru. Pembaruan status itu nantinya hilang setelah 24 jam.
Di samping itu pengguna pun dapat menghapusnya apabila tak ingin status itu lama-lama dipajang.

CEO Whatsapp, Jan Koum, mengatakan Whatsapp meluncurkan fitur status tersebut beberapa hari setelah pengguna Android menerima pembaruan ratusan emoji baru. Emoji baru itu sebelumnya hanya muncul di perangkat iOS saat pembaruan iOS 10.

Whatsapp juga dapat memutar video yang diterima di obrolan baru secara langsung, tanpa perlu diunduh terlebih dahulu.