Published On: Thu, Feb 23rd, 2017

Rasio Dokter Meningkat

BERITABENAR- Derajat kesehatan di Sultra dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya adalah ketersediaan tenaga kesehatan dan sarana prasana pendukung fasilitas layanan kesehatan. Hingga tahun 2017, rasio dokter di Sultra cukup membanggakan, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Dinas Kesehatan Sultra mencatat, rasio dokter di Sultra untuk rasio dokter spesialis mencapai 5.8, rasio dokter gigi 7.8, dan dokter umum mencapai 18.07.

Kadis Kesehatan Sultra dr Asrum Tombili mengungkapkan, indikator semakin baiknya derajat kesehatan di Sultra, tolak ukurnya adalah makin meningkatnya rasio dokter, baik dokter umum maupun dokter spesialis. Selain itu, tenaga bidan dan perawat juga meiningkat.

Hingga saat ini, jumlah dokter umum di Sultra mencapai 436 dokter, dokter gigi sebanyak 192 dan dokter spesialis 140 orang. “Jumlah tenaga dokter kita terus alami peningkatan. Dan itulah salah satu faktor dalam mendukung peningkatan derajat kesehatan di Sultra. Sehingga, kita akan terus mendorong akan peningkatan jumlah dokter,” katanya.

Jika dibandingkan dengan lima tahun sebelumnya, tenaga kesehatan baik dokter umum, gigi dan spesialis dalam mendukung derajat kesehatan masih cukup minim. Selain jumlah belum banyak, juga sarana dan prasarana kesehatan juga minim.

Setidaknya, total dokter di Sultra saat ini berjumlah 768 dokter yang terdistribusi pada 38 rumah sakit dan 280 puskesmas. Mereka terdistribusi baik pada rumah sakit umum, milik daerah, swasta maupun milik negara. Begitu pula tenaga bulan sebanyak 3.144 orang. (r3/b/ags)