Published On: Tue, Aug 2nd, 2016

Ratusan Makam Fiktif Ditemukan di 7 TPU Jakarta!

5791e7082f084-makam-fiktif_663_382

Djafar Muchlisin selaku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota berhasil membongkar ratusan makam fiktif yang tersebar di 7 TPU di Jakarta. Tujuh TPU tersebut antara lain TPU Karet Bivak, TPU Kampung Kandang, TPU Karet Pasar Baru, TPU Tegal Alur, TPU Kawi-kawi, TPU Menteng Pulo, dan TPU Pondok Rangon. TPU fiktif yang berhasil dibongkar berjumlah 376.

Makam fiktif yang berhasil ditemukan kali ini ternyata dibeli oleh oknum calo yang nantinya akan dijual kembali kepada orang yang membutuhkan. Calo tersebut bekerja sama dengan pihak-pihak terkait yang memiliki kedudukan penting di sejumlah TPU. Saat ini TPU memang sudah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat. Sebab, seiring berjalannya waktu kapasitas tampung di setiap TPU akan semakin menurun.

Untuk menanggulangi masalah ini, pihak Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta nantinya akan membenahi data-data registrasi di setiap TPU. Sebab, catatan data registrasi saat ini tidak sesuai dengan situasi yang ada di lapangan. Bahkan kedepannya, pihak Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta akan membuat sebuah sistem online agar masyarakat bisa mencari informasi mengenai TPU secara real time.

“Nantinya data akan kita serahkan ke Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP). Di sini nanti masyarakat bisa memantau langsung. Masyarakat bisa melihat secara online di sana,” ungkap Djafar Muchlisin seperti yang dikutip Berita Benar dari laman Detik (2/8/2016).

Tidak hanya membuat sistem baru, pihak Dinas Pertamanan dan Pemakaman juga akan memberikan sanksi tegas terhadap masyarakat ataupun pihak-pihak lainnya yang terlibat praktik percaloan makam fiktif ini.