Published On: Mon, Feb 20th, 2017

Rencana Jalan Tol Medan- Berastagi Disambut Positif

BERITABENAR.COM-Anggota DPRD Sumut mengaku senang. Karena pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU- Pera) menyambut positif rencana pembangunan jalan tol Medan — Berastagi oleh investor swasta. Nantinya jalan tersebut menjadi jalur alternative untuk mengatasi kemacatan serta longsor yang kerap terjadi selama ini.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Sumut Baskami Ginting, mengatakan itu melalui telepon dari Jakarta, Sabtu (18/2). Katanya, bersama dengan Komisi B dan enam kepala daerah, mereka melakukan konsultasi ke Kementerian PU-Pera, membahas pembangunan jalan tol Medan — Berastagi tersebut.

Dalam kunjungan yang berlangsung, Jumat (17/2), mereka diterima Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PU-Pera Anita Firmanti, bersama sejumlah direktur di instansi tersebut.

Kata Baskami Ginting, Sekjen Kementerian PU-Pera Anita Firmanti, menyambut positif adanya rencana pembangunan jalan tol Medan — Berastagi tersebut. Mereka menyebut, pasti mendukungnya. Sebab selama ini pemerintah juga sangat membutuhkan kerja sama, tidak saja dengan swasta, tapi juga badan usaha lainnya dalam menangani setiap pembangunan infrastruktur jalan tol.

Kerjasama untuk membangun jalan tol, kata Sekjen Kementrian PU-Pera, sangat diperlukan, mengingat anggaran yang dibutuhkan sangat besar. Seperti rencana jalan tol Medan — Berastagi, diperhitungkan, 1 km jalan tersebut membutuhkan dana Rp200 miliar. “Jadi kalau ada pihak swasta yang bersedia membangun, itu sangat baik. Harus kita dukung untuk mengatasi kemacetan serta percepatan pembangunan,” katanya.

Banyak rusak

Sementara itu, Ketua Komisi D Syah Affandin, dan sejumlah anggota, seperti Yantoni Purba, Burhanuddin Siregar, Arifin Nainggolan dan lainnya, pada pertemuan itu meminta Kementerian PU-Pera agar tetap memperhatikan anggaran perbaikan infrastruktur jalan, jembatan maupun irigasi di Sumut. Karena sejumlah ruas jalan nasional di daerah ini banyak yang rusak.

“Jika dibandingkan dengan provinsi lain di Pulau Jawa, anggaran perbaikan infrastruktur ke Sumut sangat minim, sehingga banyak jalan nasional rusak berat. Seperti jalan nasional jurusan Medan — Brastagi, Sibolga — Tapteng, Karo — Dairi — Pakpak Bharat, jalan nasional di Madina, dan lainnya,” ujar Syah Affandin. (m12/A)
Caption:
KETUA Komisi D DPRD Sumut Syah Affandin, didampingi Wakil Ketua Baskami Ginting, sedang memimpin rapat Komisi B dan D dengan Sekjen Kementerian PU Pera Anita Firmanti, membahas anggaran perbaikan infrastruktur di Sumut serta rencana pembangunan jalan tol Medan – Brastagi.