Published On: Fri, Mar 4th, 2016

Review Samsung Galaxy S7

Johanes Chandra Ekajaya
Johanes Chandra Ekajaya

Berita Benar – Vendor setiap smartphone di dunia ini akan terus berinovasi dan terus memperlombakan inovasi tersebut. Tak main-main, inovasi yang diberikan tak hanya dari segi pengembangan perangkat lunak saja, tapi juga dari segi desain dan lain sebagainya. Fitur-fitur andalan pun tak lepas dari perkembangan mengingat ini merupakan hal penting yang bisa mengangkat penjualan dari ponsel-ponsel pintar tersebut.

Makin banyaknya fitur yang diberikan, makin uniknya bentuk yang ditawarkan, tentu saja akan menggoda setiap pasang mata yang ingin membeli smartphone atau ingin upgrade smartphone dalam waktu dekat.

Namun ternyata hal itu tidak selalu berlaku pada semua vendor. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Vebbyna Kaunang selaku Marketing Director Samsung Indonesia yang juga hadir dalam peluncuran Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge. Tidak ada perubahan yang besar dalam ponsel terbaru generasi ke tujuh dari Samsung ini. Hanya terlihat sedikit perbedaan saja yang muncul dari kedua seri ini. Yang ingin ditekankan adalah segi peningkatan experience penggunanya, bukan dari peningkatan ponsel pintarnya sendiri. Hal ini seperti yang dilansir pada laman Johanes Chandra Ekajaya dalam kateogorinya yang berisi tentang ulasan-ulasan khusus yang ada pada smartphone dan dunia teknologi.

Desain

Jika dilihat secara pintas, seperti hampir tidak ada perubahan untuk kedua ponsel dari Galaxy S7 jika dibandingkan dengan kedua ponsel Galaxy S6. Bodinya sama-sama tipis, dan memiliki sisi-sisi yang melengkung. Yang membuatnya berbeda adalah hanya lengkungannya yang sedikit lebih tegas jika dibandingkan dengan seri yang ada sebelumnya.

Bahan dari kedua ponsel ini juga masih menggunakan material yang sama yaitu metal yang dilengkapi dengan balutan kaca yang sangatlah egelan. Tombol-tombol pada ponsel ini juga masih tak jauh berbeda dengan seri Samsung Galaxy S6.

Jika dilihat lebih dalam lagi, sebenarnya ada sedikit perubahan yang terjadi dari ponsel tersebut. Meskipun bedanya bisa dibilang sangatlah tipis sekali. Yang membuat berbeda adalah cangkang kamera yang terdapat pada galaxy S7, dimana ketebalannya menjadi lebih tipis. Jika sebelumnya Samsung Galaxy S6 memiliki ketebalan hingga 1,7 mm, untuk Galaxy S7 menjadi 0,46 mm.

“Perubahan tersebut jika diperhatikan memang seperti tak memberikan banyak hal. Namun jika dlam penggunaan sehari-hari, nampaknya ini akan menjadi sedikit terasa. Tonjolan yang keluar dari kamera tersebut, tentu akan terasa sedikit nyaman ketika ponsel sedang di kantongi dalam celana,” Johanes Chandra Ekajaya menambahkan dalam wawancara langsung BeritaBenar di kediamannya.

Selain dari segi tonjolan kamera, untuk ukuran ponsel ini sendiri juga bisa dibilang lebih besar jika dibandingkan dengan seri sebelumnya. Untuk galaxy S7 sebenarnya masih memiliki ukuran yang sama dengan seri sebelumnya, sedangkan untuk Galaxy S7 Edge sendiri yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan seri S6 Edge. Untuk seri S7 Edge ini, akan didampingi dengan layar berukuran 5.5 Inci. Ukuran yang lebih besar dari S7 yang dibekali 5,1 inci.

Spesifikikasi

Berbicara mengenai experience, tentu saja harus ada peningkatan experience. Hal penting yang menjadi sorotan Samsung kali ini adalah peningkatan pada dua bagian penting, yaitu baterai dan kemera. Untuk komponen ini nampaknya memang benar-benar diperhatikan oleh Samsung. Untuk baterai, ponsel S7 akan dibekali dengan baterai 3000 mAH, sedangkan untuk S7 Edge akan dibekali dengan baterai 3600 mAH. Hal ini jauh jika dibandingkan dengan seri sebelumnya S6 dan S6 Edge, dimana hanya dibekali baterai masing-masing 2550 mAH dan 2600 mAH.

Kemampuan lainnya yang juga ditawarkan adalah pemutar video, pemutar musik, bermain game, hingga berselancar di dunia maya pun menjadi lebih nyaman jika dibandingkan dengan seri sebelumnya. Untuk kemampuan dari kamera sendiri, sepertinya ada perubahan yang sangatlah baik. Dimana diafragma ponsel pintar ini memiliki bukaan f/1.7 dari yang sebelumnya adalah f/1.9. Hal ini tentu saja membuat ponsel ini dapat semakin memberikan cahaya yang bagus meskipun objek yang difoto sedang dalam cahaya yang rendah sekalipun.

Untuk sensor kamera sendiri diturunkan dari yang ada sebelumnya 16MP menjadi 12MP. Kualitasnya justru membaik meskipun sensornya diturunkan, sebab teknologi dual pixel telah disematkan di kamera ini, yang membuat kamera ini menjadi lebih rapi dalam menangkap gambar. Atau jika diibaratkan, kamera ini sama seperti kamera dengan kekuatan 24 MP.

Fitur

Pada fitur yang diberikan di Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge ini nampaknya lebih penting dari segalanya yang merupakan pengalaman yang baru bagi setiap pengguna. Kenapa tidak, fitur yang dahulu sempat dihilangkan ini ternyata sekarang dikembalikan lagi. Dua fitur yang kembali ini adalah fitur water-resistant dan slot microSD. Memang fitur ini sebenarnya sempat hadir pada seri S5, namun pada seri S6 kedua fitur ini justru dihilangkan.

Kembalinya fitur ini sendiri juga terhitung tidak main-main belaka. Fitur water resistant yang diberikan disini lebih hebat daripada yang pernah diberikan pada seri sebelumnya. Jia sebelumnya fitur itu bersertifikasi IP67, sekarang ditingkatkan menjadi 1P68. Dengan demikian, ponsel ini dapat ditenggelamkan di air dengan kedalaman 1,5 meter dengan waktu 30 menit lamanya. Tentu saja ini salah satu fitur yang menjadi unggulan jika dilihat dari kacamata Johanes Chandra Ekajaya.

Cover pelindung untuk kabel data USB juga telah dihilangkan. Jadi Samsung memberikan jaminan bahwa ponsel tidak akan masalah meskipun port USB tak diberikan pelindung sekalipun dan terendam di dalam air.

Sedangkan untuk slot microSD ini sendiri dipasang kembali karena banyaknya permintaan dari setiap pengguna. Kali ini slot microSD yang diberikan oleh Samsung mencapai 200GB.