Published On: Tue, Sep 29th, 2015

Ribuan Petani Siap Kepung Istana Negara Hari Ini

Pada hari ini (29/9/2015), ribuan pendemo yang berasal dari Serikat Petani Pasundan (SPP) siap menjalankan aksi unjuk rasa di depan Istana Negara, Jakarta Pusat. Unjuk rasa kali ini, para pengunjuk rasa menuntut Presiden Republik Indonesia Jokowi untuk segera menjalankan reformasi dan juga pembentukan tim penyelesaian sangketa Agraria sekaligus untuk memperingati Hari Tani Nasional yang jatuh pada hari ini.

Untuk mengamankan ribuan pendemo yang hadir di Istana Negara hari ini, Kombes Martuani Sormin selakku Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya mengungkapkan jika pihaknya telah mengarahkan kurang lebih 1.000 personil yang merupakan gabungan dari Polda Metro Jaya dan juga Polres Jakarta Pusat. Selain itu, ia juga berharap jika nantinya demo ini akan berjalan dengan lancar tanpa adanya bentrok ataupun keributan. Seperti yang dilansir Berita Benar dari laman Detik (29/9/2015).

Selain melakukan pengamanan, pihak kepolisian juga melakukan rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan yang sangat parah di sekitar Istana Negara. Nantinya, setiap kendaraan yang datang dari arah Harmoni akan dilempar ke Jl.Ir H Juanda yang nantinya akan mengarah ke Pos-Pejambon. Sedangkan untuk kendaraan yang datang dari arah Tugu Tani yang ingin melewati istana negara, pihak kepolisian menyarankan untuk melewati Lapangan Banteng-Istiqlal-Jalan Veteran. Selain pengalihan arus di atas, dari arah Sudirman yang ingin menuju Monas juga ditutup dan akan di arahkan ke Jl. Budi Kemuliaan.

Saat ini, terpantau situasi arus lalu lintas di sekitaran Bundaran Air Mancur sudah cendrung padat. Sebab, para masa yang nantinya akan berunjuk rasa di Istana Negara sudah berkumpul di titik tersebut.

<fjr>