Published On: Mon, Oct 10th, 2016

Sah! Harga Cukai Rokok Naik Awal Tahun 2017!

Johanes Chandra Ekajaya

Tarif cukai rokok resmi dinaikan sebesar 10,54 persen setelah menteri Keuangan Sri Mulyani melakukan penandatangan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 147/PMK.010/2016. Tidak hanya menaikan tarif cukai rokok saja, peraturan tersebut juga mengatur harga jual eceran rokok tahun awal tahun 2017 mendatang.

Dengan disahkannya Peraturan Menteri Keuangan kali ini, maka tarif cukai yang sudah disahkan tidak boleh lebih rendah dari tarif cukai yang sudah diberlakukan. Tidak hanya itu, dengan adanya peraturan ini harga jual eceran rokok juga tidak boleh lebih rendah dari batasan harga yang sudah ditentukan.

Untuk harga jual eceran rokok Sigaret Kretek Mesin, tarif cukainya naik dari Rp. 590 menjadi Rp. 655. Sedangkan untuk rokok Sigaret Putih Mesin, naik dari yang sebelumnya Rp. 505 menjadi Rp. 585. Untuk Sigaret Kretek Tangan, naik dari sebelumnya Rp. 370 menjadi Rp. 400. Dan untuk Sigaret Kretek Tangan Filter, naik dari sebelumnya Rp. 590 menjadi Rp. 655. Seperti yang dilansir Berita Benar dari laman Merdeka (10/10/2016).

Kenaikan harga kali ini tentunya sudah melewati pertimbangan yang cukup matang. Pemerintah sendiri mengaku kenaikan harga cukai rokok ini merupakan bentuk rangkaian program pemerintah demi mengendalikan konsumsi barang kena cukai khususnya hasil tembakau. Tidak hanya itu, program kali ini juga sebagai perhatian pemerintah dalam melihat potensi penerimaan di bidang cukai terutama hasil tembakau yang berkesinambungan.